Update Ganjar Soal Ledakan Covid Kudus: Sekarang Turun Terus


TEMAN GANJAR - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengklaim kasus harian Covid-19 di Kabupaten Kudus terus menurun. Demikian disampaikan Ganjar di kantornya, Rabu (9/6/2021), sebagaimana dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng. “Kemarin awal-awal itu sehari bisa 300 kasus bahkan lebih. Sekarang turun terus dan hari ini 200-an kasus,” katanya.

Meski begitu, Ganjar meminta semua pihak tidak boleh lengah. Pemerintah Kabupaten Kudus harus terus meningkatkan tracing dan testing agar penanganan bisa optimal.

“Tidak hanya di Kudus, tapi daerah sekitarnya yang (termasuk zona) merah-merah seperti Pati, Sragen, Demak dan sekitarnya saya minta testing, tracing jangan kendor. Tingkatkan terus tidak boleh berhenti,” ujar Ganjar.

Politikus PDIP itu mengatakan tidak masalah jika dari hasil tracing dan testing itu membuat temuan kasus menjadi lebih banyak. Hal itu justru semakin baik, karena treatment bisa dilakukan lebih baik.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, evakuasi pasien Covid-19 di Kudus ke tempat-tempat isolasi terpusat milik Pemprov Jateng masih terus dilakukan untuk mengurangi tekanan di rumah sakit-rumah sakit rujukan.

“Sementara kami evakuasi ke Donohudan Boyolali dan BPSDM Srondol. Kalau di sana penuh, kami masih punya banyak tempat lain. Ada STIE Bank Jateng, hotel di Kopeng, Banyumas dan lainnya,” kata Yulianto.

Tapi untuk sementara, pihaknya masih berkonsentrasi di Donohudan dan BPSDM. Sebab di dua lokasi itu masih mampu menampung dan semuanya sudah dipersiapkan, mulai dari sarana prasarananya hingga tenaga kesehatan.

“Dan dua tempat itu juga masih belum penuh, keterisiannya baru sekitar 50%. Sampai tadi siang kami masih evakuasi dari Kudus ke dua tempat itu,” ujar Yulianto.

Disinggung terkait kondisi pasien Covid-19 di Jateng, Yulianto mengatakan mayoritas adalah orang tanpa gejala (OTG). Sehingga tempat isolasi terpusat memang harus disiapkan.

“95% itu OTG, yang dirawat itu hanya sekitar 5% dari keseluruhan kasus Covid-19,” kata Yulianto.
“Ganjar Gaspol Vaksinasi”

0 Response to "Update Ganjar Soal Ledakan Covid Kudus: Sekarang Turun Terus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel