BAGI GANJAR RITUAL KENDI MERUPAKAN TRADISI KEBUDAYAAN


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri undangan dari Presiden untuk membawa air dan tanah yang nantinya akan disatukan di Titik nol yang menjadi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur.


Ganjar tidak sendiri, ia bersama sejumlah gubernur dari 33 daerah di seluruh Indonesia. Kemudian seluruh Gubernur, diminta untuk menaruhkan tanah dan air yang dibawa dari masing-masing daerah secara bergiliran. 


Aksi Ritual dinamakan Kendi Nusantara dinilai banyak pihak sebagai kegiatan yang tidak masuk akal, namun bagi Ganjar aksi tersebut merupakan bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia yang telah melekat.


Ganjar mengatakan meskipun sudah memasuki jaman modern, tetapi tidak boleh lepas dari kebudayaan yang ada di daerah.


"Iya, boleh bicara modern, kekinian dengan referensi buku-buku baru. Namun, kita mesti punya kepribadian dalam kebudayaan, ini kultural," kata Ganjar.


Tak hanya itu saja, Ganjar menyebut ritual seperti yang akan diselenggarakan nanti di lokasi IKN Nusantara tidak hanya terjadi di Indonesia. Hal yang sama juga dilakukan di Jepang saat akan melakukan sebuah pembangunan.


"Ini tradisi, Jepang juga sama ada ritual dan upacaranya kalau mau buat gedung," ujar Ganjar.


Kembali Ganjar menegaskan permintaan Jokowi penuh dengan makna. Terlebih, Ganjar menilai tanah dan air merupakan simbol dari persatuan dan kesatuan.

0 Response to " BAGI GANJAR RITUAL KENDI MERUPAKAN TRADISI KEBUDAYAAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel