GANJAR AJAK PEMUDA JATENG UNTUK IKUT PALANG MERAH INDONESIA



Palang Merah Indonesia atau PMI adalah organisasi yang mendukung dan memiliki rasa kemanusiaan yang sangat tinggi. Maka dari itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta supaya PMI di Jawa Tengah supaya melakukan regenerasi untuk para pemuda.

“Munculnya anak-anak muda, termasuk dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan santri adalah masa depan PMI Jawa Tengah dan penjaga kemanusiaan,” kata Ganjar.

Regenerasi yang tepat menurut Ganjar adalah mendidik dan membangun rasa kemanusiaan sejak dini. Salah satu contohnya adalah para murid mengikuti PMR saat berada di bangku sekolah.

“Sebenarnya PMI itu punya anak, yaitu PMR. Itu bisa kita didik untuk membangun rasa kamanungsan. Kalau rasa kemanusiaan tinggi maka aksi kemanusiaan ini akan berjalan dengan baik. Kita dukung penuh untuk munculnya sukarelawan dari anak muda, santri, pelajar, dan mahasiswa,” kata Ganjar.

Permintaan Ganjar itu bukan tanpa alasan. Selama ini PMI Jawa Tengah telah menjadi bagian dari kehadiran Jawa Tengah dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Rasa “welas asih” yang dimiliki masing-masing sukarelawan telah melandasi rasa kemanusiaan untuk saling membantu.

“PMI ini sebenarnya sudah telanjur sayang dengan kemanusiaan. Hampir seluruh kegiatan kemanusiaan, PMI berada di garis terdepan dan ini yang membuat kita semangat. Jawa Tengah selalu hadir dalam aksi kemanusiaan dan di dalamnya selalu ada PMI. Dulu ke Lombok, Palu, Jawa Barat, Malang, dan terakhir kemarin di Pasaman dan Pasaman Barat. PMI juga ikut berangkat,” jelas Ganjar.

Keikutsertaan relawan PMI dalam setiap aksi kemanusiaan yang dikirimkan Jawa Tengah tidak hanya sekedar ikut meramaikan saja. Relawan dari beragam latar belakang sosial, disiplin ilmu pengetahuan, dan profesi itu merupakan orang-orang yang benar-benar mendedikasikan segala ilmu dan jejaringnya untuk membantu.

“Mereka suka dengan kesukarelaannya dalam membantu. PMI bukan yang datang untuk merepotkan tetapi kalau datang itu ya orangnya, ya keterampilan, ya peralatan, dan logistik juga. Ketika itu dikolaborasikan dengan yang lain maka semua akan cepat selesai,” ungkap Ganjar.

Kekuatan besar itulah, lanjut Ganjar, ya g harus terus dipertahankan bahkan kalau perlu ditingkatkan lagi. Apalagi Jawa Tengah, termasuk PMI-nya, selalu dijadikan contoh karena kemandirian yang bagus, capacity building yang hebat, pembangunan jejaring yang serius, dan tentunya sukarelawan yang banyak.

“PMI Jateng akan menghadapi tantangan yang lebih, tetapi jangan berkecil hati. Kami akan mendukung penuh apabila PMI memerlukan bantuan untuk meningkatkan diri,” kata Ganjar.

0 Response to "GANJAR AJAK PEMUDA JATENG UNTUK IKUT PALANG MERAH INDONESIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel