GANJAR BERSAMA PEMPROV JATENG GELONTORKAN SEJUMLAH DANA UNTUK PENDIDIKAN

 


Tidak hentinya Ganjar Pranowo bersama Pemprov Jateng memberikan inovasi, keduanya tidak hanya memerhatikan sekolah negeri tingkat menengah atas, kejuruan, serta Sekolah Luar Biasa, tetapi juga memperhatikan sekolah swasta.

 

Ratusan miliar rupiah digelontorkan demi pendidikan masyarakat setempat. Suyanta selalu Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah  menyampaikan, pada 2022, untuk SMK/SMA/SLB negeri digelontorkan anggaran yang dinamakan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) pendidikan sebesar Rp769.714.070.000. Anggaran tersebut untuk menggratiskan biaya sekolah.

 

Menurutnya, kebijakan penggratisan biaya sekolah tersebut berasal dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Kebijakan penggratisan SMA/SMK/SLB negeri bertujuan memperluas akses pendidikan. Sehingga siswa kurang mampu dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah. Meskipun sekolah gratis, tetapi mutu pendidikan tetap diperhatikan.

 

“Salah satunya, dengan cara menggratiskan sekolah bagi SMA/SMK/SLB negeri. Kebijakan implementasinya adalah adanya BOP. Dari BOP itu SMA/SMK/SLB negeri gratis. Dengan demikian diharapkan dari sana, banyak siswa-siswa melanjutkan ke jenjang SMA/SMK/SLB,” ucap Suyatna.

 

Ia mengatakan, untuk BOP, SMK Jateng kampus Semarang mendapat Rp8.561.950.000 dengan jumlah siswa 720 siswa, SMK Jateng kampus Pati Rp4.175.788.000 dengan jumlah siswa 288 orang, SMK Jateng kampus Purblingga Rp5.921.585.000 dengan jumlah siswa 576 siswa. Sementara, SMK semi boarding Rp6.556.500.000.

 

Suyanta mengatakan, Jateng juga telah membuat beberapa SMK boarding atau disebut SMKN Jateng, yaitu di Semarang, Purbalingga dan Pati. Perekrutan siswa sekolah itu dilakukan secara khusus, dan diperuntukkan seluruh masyarakat Jateng yang miskin dan lolos seleksi.

 

“Jumlahnya makin tahun makin banyak (siswanya). Dengan demikian di sana penganggarannya khusus, karena ada anggaran untuk makan, seragam, sepatu, dan kebutuhan sekolah lain dipenuhi Pemprov Jateng,” ujar Suyatna.

 

0 Response to "GANJAR BERSAMA PEMPROV JATENG GELONTORKAN SEJUMLAH DANA UNTUK PENDIDIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel