GANJAR MENGUNGKAPKAN BAHWA, JAWA TENGAH PUSATNYA BUMI



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa tanah dan air yang dibawa ke IKN merupakan berasal dari pusatnya bumi. Hal tersebut diungkapkan pada saat memenuhi undangan pada Ritual Kendi Nusantara di Kalimantan Timur pada Senin (14/3).

Ganjar menyatakan, tanah dan air itu diambil dari puser atau bisa disebut pusatnya Pulau Jawa. Ganjar juga menjelaskan bahwa dua benda yang tersebut diambil dari beberapa gunung yang diyakini sebagai puser bumi. Sebelum mengambil, Ganjar juga berkonsultasi dengan sesepuh yang berada di Jawa.

“Jawa Tengah itu ada beberapa lokasi yang dikenal sebagai puser bumi. Jadi pusatnya bumi itu ada di Jawa Tengah, lokasi yang jadi pusat kebudayaan, ada peninggalan leluhur dan lainnya. Ya orang tua kan lebih paham, makanya kemudian tanah dan air dari lokasi itulah yang saya bawa,” terang Ganjar.

Tanah yang dibawa Ganjar Pranowo itu berasal dari puncak Gunung Tidar di Magelang yang selama ini disebut-sebut sebagai paku bumi Tanah Jawa. Di puncak gunung ini diyakini tertanam paku berisi Rajah Kalacakra untuk menjaga keseimbangan Bumi, khususnya Pulau Jawa.

Sementara itu, air yang dibawa Ganjar ke IKN berasal dari Pertapaan Bancolono yang berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Bancolono merupakan tempat keramat yang diyakini sudah ada sejak abad ke-11.

Pertapaan Bancolono berawal dari tempat mandi Raja Terakhir Kerajaan Majapahit, Prabu Brawijaya V, sebelum moksa di Gunung Lawu. Lokasi pertapaan ini berada di ketinggian 1.800 mdpl. Di pertapaan itu terdapat dua sumber air yang dikeramatkan, yaitu Sendang Lanang dan Sendang Wedok.

0 Response to "GANJAR MENGUNGKAPKAN BAHWA, JAWA TENGAH PUSATNYA BUMI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel