PUJIAN GANJAR TERHADAP PIDATO DALEM MANGKUNAGORO X



Ganjar Pranowo kagum dengan pidato yang dilakukan oleh GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, 24, setelah dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunagoro X, Sabtu (12/3).

Dalam pidatonya, Dalem Mangunagoro X menyampaikan tentang perjalanan sangat panjang Pura Mangkunegaran yang diwarnai pasang surut, namun tetap bertahan hingga saat ini sebagai pusat budaya. Selain itu, Mangkunagoro (MN) X juga menjelaskan visi kebudayaan dalam menghadapi era yang makin dinamis dan penuh tantangan.

“Ya tadi pidato beliau bagus, membawa kultur ya. Saya kira penting kembali untuk semacam merevitalisasi keraton, sehingga keraton menjadi centre of culture. dan kemudian orang akan berdatangan dengan keluhuran dan nilai-nilai yang mungkin bisa diberikan,” ujar Ganjar .

Pada kegiatannya, Ganjar berbincang dengan KGPAA Mangkunagoro X dan menilai semangat alumnus Universitas Indonesia (UI) itu cocok untuk mengembangkan budaya.

“Kalau kami dari Pemprov [Jawa Tengah] ya pasti siap mendukung, agar kemudian Keraton akan menjadi pusat kebudayaan, seni, dan nilai-nilai tinggi yang kemudian bisa disebarkan untuk kebaikan,” lanjut Ganjar.

Dengan usia KGPAA Mangkunagoro X yang masih terbilang muda, Ganjar menyatakan tidak ada masalah. Di usia 24 tahun, dia menegaskan, KGPAA Mangkunagoro X sudah dewasa. “Ora apa-apa [tidak apa-apa], usia sudah dewasa beliau,” tegas Ganjar.

0 Response to "PUJIAN GANJAR TERHADAP PIDATO DALEM MANGKUNAGORO X"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel