GANJAR PASTIKAN HARGA SEMBAKO DAN MINYAK GORENG AMAN JELANG LEBARAN

 


Menjelang hari raya idul fitri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan sidak dadakan di Pasar Wage Purwokerto, Banyumas. Ganjar mengecek stok kebutuhan pokok masyarakat. Ganjar melayani warga yang menyapanya maupun meminta foto bersama, sambil menanyakan harga kebutuhan pokok kepada pedagang.

 

"Minyak goreng curah kepriwe? Ana apa ora? Ragane larang? (minyak goreng curah bagaimana? Ada tidak barangnya? Harganya mahal apa tidak)," kata Ganjar.

 

Ganjar menemukan suplai minyak goreng curah dari distributor dan agen untuk para pedagang pasar sudah berjalan lancar, namun masih dijatah. Selain itu, ada sejumlah harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan. Harga minyak goreng curah juga sudah relatif mendekati harga eceran tertinggi (HET), yakni di kisaran harga Rp17 ribu sampai Rp18 ribu per kg.

 

"Saya lihat yang jadi problem minyak relatif sudah mulai terpenuhi, apalagi yang curah. Meskipun pembatasan kepada para pedagang kulakan, ya itu cara kontrol menurut saya bagus,"Suplainya sudah mulai lancar, rata-rata pedagang akan membeli minyak curah harganya diangka Rp17 ribu sampai Rp18 ribu," lanjut Ganjar.

 

Selanjutnya, Ganjar mendatangi pedagang daging ayam ras dan mendapat informasi jika harganya masih stabil. Demikian pula dengan harga kebutuhan lainnya meskipun ada mengalami penurunan seperti cabai dan ada pula yang sedikit naik seperti bawang merah.

 

Adapun cabai mengalami penurunan harga. Ganjar menyebutkan, penurunan harga cabai terjadi karena panen dari petani cabai lumayan banyak.

 

Ganjar juga menemukan kenaikan harga yang cukup signifikan pada daging sapi karena mencapai Rp20.000, yakni dari semula yang sebesar Rp120.000 per kilogram menjadi Rp140.000 per kilogram di tingkat pedagang besar, sehingga pedagang di Pasar Wage menjualnya pada kisaran Rp150.000-Rp160.000 per kilogram.

 

"Yang naik daging sapi, sudah ada pengumuman dan naiknya signifikan sampai Rp20.000 per kilogram. Katanya sapinya sulit, maka ini saya minta nanti dinas saya melakukan kontrol kenapa terjadi lonjakan cukup tinggi," kata orang nomor satu di Jateng itu.

0 Response to "GANJAR PASTIKAN HARGA SEMBAKO DAN MINYAK GORENG AMAN JELANG LEBARAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel