GANJAR TANGGAPI PELAKU UMKM BATIK GRABAG YANG MENGINGINKAN ASN GUNAKAN BATIK LOKAL



Salah satu pengrajin batik Grabag menyampaikan keluhannya kepada orang nomor satu di Jawa Tengah, yakni Ganjar Pranowo. Hal tersebut dilaksanakan pada kegiatan dialog secara langsung Gubernur dengan Bupati/Walikota wilayah Purwomanggung dan Subosukawonosraten pada Kamis (21/4).

Pengrajin batik ini menceritakan kondisi perekonomian dalam upaya membangkitkan ekonomi masyarakat setelah dua tahun diterjang badai Covid-19.

Seperti yang disampaikan oleh Tri Hapsari, pemilik usaha batik warna alam Eyang Mas Ayu di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Ia mengaku selama pandemi pendapatannya menurun drastis. Meskipun sudah mengikuti pelatihan pemasaran tetapi penjualan belum terdongkrak secara signifikan.

“Saya mewakili UMKM di Kecamatan Grabag. Saya memohon bantuan agar bisa memasarkan batik saya dan mengimbau ASN atau aparat pemerintahan bisa mengenakan batik lokal produksi kami. Soalnya selama pandemi pemasukan turun drastis bahkan sampai nol,” keluh Tri Hapsari.

Mendengar keluh kesah dari Tri Hapsari itu, Ganjar Pranowo kemudian meminta agar mengirimkan beberapa produk unggulan dari batik Eyang Mas Ayu. Ganjar bermaksud membeli dan membantu memasarkan batik tersebut. Ia juga memberikan masukan agar Hapsari lebih kreatif dalam membuat dna menjual produknya.

“Menurutmu batiknya bagus tidak, mahal tidak harganya? Ya sudah, besok kirim ke rumah saya lima produk batik yang paling bagus. Nanti saya beli dan bantu promo. Jangan jual kain saja, buat tas dan pernik lain yang menarik,” kata Ganjar.

Keluhan lain datang dari Camat Grabag, Sri Utari, dan Kepala Desa Sidogede, Adit. Sri Utari menyampaikan, untuk meningkatkan perekonomian di Grabag ia lebih memprioritaskan pada usaha kelompok. Namun selama ini bantuan untuk usaha kelompok masih belum merata di seluruh desa yang ada di kecamatan tersebut.

“Prioritas agar ekonomi berkembang itu ya usaha kelompok, Pak. Kemarin ada bantuan dari Gubernur dan Bupati, sayangnya yang dibantu hanya sedikit, belum merata. KUR juga tidak terlalu mudah,” kata Sri Utari.

Ganjar Pranowo kemudian menanggapi berbagai persoalan yang disampaikan oleh perwakilan masyarakat itu. Pertama untuk KUR, Ganjar siap memberikan kemudahan bagi pemilik usaha. Salah satu syaratnya Ganjar meminta Camat Grabag untuk memberikan data terkini mengenai unit usaha yang ada di sana.

“Saya buat mudah sekarang. Penting masyarakat siap tidak? Kalau iya, kita turunkan tim untuk assessment. Kalau mau usaha dan bisa berkembang itu tidak minta tapi pinjam. Tapi kalau yang tidak bisa apa-apa akan kita bantu karena ada CSR dan BAZNAS juga. Sekarang kumpulkan data kelompok usaha, pekan depan kami turunkan tim ke sana,” tegas Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga berpesan agar memerhatikan ibu hamil. Sebab dari laporan yang ia terima, di Kecamatan Grabag banyak ibu hamil dengan risiko tinggi. Tercatat ada sekitar 275 ibu hamil dan sekitar 113 orang di antaranya memiliki risiko tinggi.

“Ibu hamil ini tolong diperhatikan. Kita sedang dapat sorotan soal stunting. Karena yang berisiko cukup tinggi maka tolong mereka ditandai dan mendapatkan perhatian khusus dan periksa rutin. Urutannya panjang ini, ada stunting, potensi gizi buruk, dan juga AKI-AKB,” pungkas Ganjar.

0 Response to "GANJAR TANGGAPI PELAKU UMKM BATIK GRABAG YANG MENGINGINKAN ASN GUNAKAN BATIK LOKAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel