SAMBUT RAMADHAN, GANJAR MENYATAKAN STOK PANGAN DAN INFRASTRUKTUR MUDIK AMAN



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan wilayahnya siap dalam menyambut pemudik dan Bulan Idul Fitri.

Sosok Kharismatik asal Karanganyar tersebut memang sangat fokus dan mempersiapkan segala sesuatu terkait kebutuhan lebaran.

“Dari Bulog tadi kita memastikan stok pangan kita aman. Bahwa terjadi fluktuasi harga iya, fluktuasi harga terjadi,” ujar Ganjar.

Ganjar juga memprediksi potensi inflasi mencapai 1 persen. Kondisi itu terjadi karena beberapa komoditas naik dan konsumsi juga meningkat.

Selain itu, dari Pertamina juga mengatakan terjadi kenaikan konsumsi BBM menyusul mulai terlihatnya pergerakan mudik lebih awal. Ganjar yang turut memantau kesiapan Pertamina pun melihat langsung perseroan menyiagakan pom bensin modular dan bergerak.

“Ini untuk menjaga kemungkinan seandainya terjadi situasi di mana pemudik cukup padat dan membutuhkan itu,” kata Ganjar.

Terlepas dari itu, Ganjar mengatakan seluruh pelaksanaan ibadah ramadan hingga sepekan sebelum Idul Fitri berjalan lancar. Kelancaran ibadah ramadan yang mulai diperlonggar pada tahun ini tak lepas dari dukungan dari MUI dan Kemenag Jateng.

“Selama bulan ramadan salat Tarawih Alhamdulillah semua berjalan dengan baik. Ini bagus dan nanti pada salat Idul Fitri sudah diizinkan salat bersama di masjid maupun di tempat terbuka, di lapangan,” ujar Ganjar.

Terkait pelaksanaan salat Idul Fitri, Ganjar mengimbau agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan. Selain masker, Ganjar mengingatkan masyarakat untuk membawa sajadah pribadi. Ganjar juga meminta tidak ada takbir keliling.

“Saya minta tidak ada takbir keliling. Takbirannya semua di musala, masjid, di rumah masing-masing. Kita minta tolong betul, minta bantuan betul, terkait dengan hal itu,” tegas Ganjar.

Kepada kepala daerah serta jajaran forkopimda masing-masing, Ganjar mengimbau agar memperhatikan titik-titik potensi keramaian yang menimbulkan kemacetan. Seperti pasar tumpah dan SPBU. Potensi bencana juga harus diwaspadai.

Sebagai bentuk antisipasi, Ganjar pun memerintahkan kepala daerah untuk berkoordinasi, menerjunkan personel terkait di titik-titik rawan tersebut.

“Saya titip kepada kawan bupati/wali kota untuk menjaga daerahnya,” tegas Ganjar.

0 Response to "SAMBUT RAMADHAN, GANJAR MENYATAKAN STOK PANGAN DAN INFRASTRUKTUR MUDIK AMAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel