TEKAN PENURUNAN STUNTING DI JATENG, INI YANG DILAKUKAN GANJAR



Dalam upaya penurunan angka stunting di wilayah Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membuat tim percepatan penurunan tengkes atau stunting (kekerdilan pada anak).


Tim itu terdiri atas berbagai sektor seperti BKKBN, Dinas Kesehatan serta dinas lain di Semarang.


Menurutnya pembentukan tim tersebut, guna menyiapkan generasi muda yang berkualitas.


Kemudian Ganjar menambahkan kerja paling utama dari tim penurunan tengkes adalah mendata ibu hamil. Apalagi Jateng sudah memiliki Program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng) yang bisa digunakan untuk membantu proses pendataan itu.


Sebelumnya diwilayah Jateng, ditemukan kasus kandungan bermasalah 20 persen di Jawa Tengah. Dia mendorong TPPS, BKKBN dan perguruan tinggi (one student one client) untuk mendampingi.


"Stunting masih menjadi problem di Jawa Tengah, maka tim ini saya harap bisa mempercepat penurunan stunting. Setelah dilantik, saya minta harus segera kerja," kata Ganjar.


Ia menambahkan, jika data ibu hamil sudah terkumpul dan ada yang mendampingi, maka dilakukan edukasi hingga intervensi dari pihak berwenang, sehingga memudahkan akses kesehatan bagi masyarakat.


"Kalau itu sudah semua, edukasi kepada masyarakat. Ada banyak yang bisa kita libatkan, mungkin intervensi gizi, kesejahteraan, akses kesehatan. Seringkali akses ini tidak mudah dan mereka diam saja, ini bahaya. Maka perlu dicari," ujar Ganjar.


Orang nomor satu di Jateng itu menyebut banyak hal yang harus diedukasi, termasuk persiapan pernikahan, soal gizi, kesejahteraan, akses kesehatan dan lainnya.


Dengan pencegahan sedini mungkin ini, Ganjar mengharapkan angka stunting atau gizi buruk pada anak di seribu hari pertama itu bisa ditekan serendah mungkin.


"Dengan tim ini, saya berharap pencegahan stunting bisa dilakukan makin dini. BKKBN juga sudah punya program, tiga bulan sebelum nikah mereka dicek kesehatannya. Kalau semua sehat, Insya Allah bisa mencegah stunting, tinggal kita 'improve' dan lakukan perbaikan terus menerus," kata Ganjar Pranowo.

0 Response to "TEKAN PENURUNAN STUNTING DI JATENG, INI YANG DILAKUKAN GANJAR "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel