BAGI GANJAR LAWAN RADIKALISME DENGAN RADIKALISASI PANCASILA



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa menegaskan paham atau ajaran radikalisme harus dilawan dengan radkalisasi Pancasila.


Menurutnya, radikalisasi Pancasila jarang dilakukan sehingga ajaran atau ideologi bertentangan Pancasila terus bergerak masuk ke Indonesia.


“Hari ini, ideologi-ideologi yang lain sedang bergerak. Hari ini, mereka betul-betul berjalan di bawah karpet yang tidak kelihatan dengan baju yang berganti-ganti,” kata Ganjar Pranowo.


Menurut Ganjar, seringkali hanya diksi yang digunakan untuk melawan ideologi atau paham radikalisme. Namun di sisi lain, radikalisasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat jarang dilakukan.


“Problemnya, kemudian, seringkali diksi yang dipakai bagaimana kita melawan radikalisme. Tapi disisi lain, radikalisasi Pancasila jarang kita lakukan. Maka seolah-olah kita merasa diam, merasa semuanya baik-baik saja. Menurut saya tidak,” tegas Ganjar Pranowo.


Untuk melakukan radikalisasi Pancasila, Ganjar mengatakan pihaknya sedang menyelenggarakan Bulan Pancasila sekaligus Bulan Bung Karno selama satu bulan penuh. Kegiatan dibagi dua. Untuk Bulan Pancasila digelar oleh pemerintah sedangkan Bulan Bung Karno diramaikan oleh masyarakat di lingkungannya.


Tidak hanya itu, untuk membumikan Pancasila, Ganjar mengajak semua pemda dan tokoh publik untuk memberikan istilah yang mudah dipahami masyarakat diiringi dengan perilaku yang bisa ditiru, diteladani dan dicontoh oleh masyarakat.


“Kalau ada hoaks, apakah kita akan membiarkan? Tentu tidak. Apakah kemudian ada gerakan untuk melemahkan Pancasila dengan ideologi lain melalui aparatur dan sekolah, didiamkan? Tentu tidak,” ungkap Ganjar Pranowo.


Ia sebagai orang yang diberikan amanah oleh masyarakat tentu harus mengambil tindakan terhadap gerakan yang melemahkan Pancasila. Contoh, bila ada banyak sekolah yang mengibarkan bendera hitam, bukan bendera merah putih, maka ia akan melakukan tindakan tegas dengan mengganti kepala sekolahnya dan melakukan tracing pelaku yang melakukan hal tersebut.


“Kita memberikan contoh dengan mengambil alih titik-titik yang menjadi permasalahan,” tutur Ganjar Pranowo.

0 Response to "BAGI GANJAR LAWAN RADIKALISME DENGAN RADIKALISASI PANCASILA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel