GANJAR SENANG, BAZNAS JATENG ANGGARKAN PENANGGULANGAN BENCANA



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus meningkatkan penanggulangan bencana di Jateng. Kali ini, ia menambahkan kekuatan dari tim Baznas Tanggap Bencana (BTP).


Ia mengatakan, relawan BTP sangat membantu jajaran BNPB hingga TNI-Polri dalam menanggulangi bencana di Jateng.


"Mereka akan dilatih, bagaimana penanggulangan itu dilakukan, maka saya titipkan dari awal bagaimana mitigasi seperti apa, menggunakan peralatan seperti apa, sampai kemudian mereka di lapangan mereka bisa operasi," tutur Ganjar.


Ganjar mengatakan, Baznas tidak hanya bertugas untuk mengumpukan zakat, infak, dan sedekah saja. Namun, kata Ganjar, Baznas punya peran penting dalam mengimplementasikan program tanggap darurat. 


"Kita semuanya mencoba untuk mendorong, mengisi ruang-ruang kekurangan yang bisa dilakukan dan ternyata kalau orang bicara Baznas ini soal kelola zakat, infak, sedekah, tapi dalam implementasinya tidak, Kita membantu mereka yang membutuhkan, bahkan ada yang tidak hanya butuh dari sisi charity saja mereka dikasih, tapi ada yang produktif, pelatihan, sampai penanggulangan bencana," imbuh Ganjar.


Sementara itu, Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji menyebut pihaknya telah memberikan 15 persen dari total anggaran untuk penanggulangan bencana. Ahmad mengatakan, sebagian digunakan dalam bentuk pelatihan. "Baznas menjadikan tanggap bencana sebagai suatu program bahkan kami sudah meminta setiap Baznas (daerah) sudah siap anggaran 15 persen untuk bencana dan termasuk (menggelar) pelatihan ini," katanya.


0 Response to "GANJAR SENANG, BAZNAS JATENG ANGGARKAN PENANGGULANGAN BENCANA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel