GELOMBANG MASIH TINGGI, GANJAR MEMINTA PERCEPATAN DALAM PENGUATAN TANGGUL



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan rapat bersama Direktur Jendral Sumber Daya Air Kementerian PUPR dan sejumlah pemimpin daerah yang terkenda dampak banjir rob.

Gajar juga membahas, potensi rob susulan yang akan terjadi dalam beberapa waktu kedepan.

“Dalam dua minggu ini kita coba selesaikan pekerjaan sipil. Paparan (Dirjen SDA) sangat bagus di area pelabuhan akan kita bereskan termasuk Pelindo,” kata Ganjar.

Ganjar menyebutkan, dalam dua minggu akan menjadi waktu yang krusial bagi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk merilis potensi rob susulan.

BMKG juga memprediksikan, akan ada siklon dari Australia yang menambah gelombang air yang akan naik ke permukaan.

“Dari BMKG di tengah bulan ini ada potensi terjadinya gelombang tinggi juga,” ujar Ganjar.

Untuk itu, Ganjar sengaja mengundang kepala daerah atau perwakilan di wilayah Pantura yang terdampak rob. Yakni Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Demak. Wilayah-wilayah tersebut juga dimintanya menyampaikan bantuan yang diperlukan.

“Semua ada di sini. Tadi coba kami inventarisasi satu per satu persoalan yang ada dan kita sharing untuk bisa menyelesaikan,” tegas Ganjar.

Sambil berjalan, Ganjar meminta seluruh pihak menyisir area yang berpotensi jebol jika terjadi rob. Inventarisasi tersebut harus segera dilakukan agar titik-titik itu bisa segera diperkuat.

Ganjar mengapresiasi Ditjen SDA KemenPUPR yang cepat bergerak dan memaksimalkan teknologi yang ada. Mantan anggota DPR itu berharap, ke depan penanganan lebih cepat dan profesional.

Tanggul jebol yang sementara ditambal dengan bambu dan sandbag, dalam dua pekan ini dikebut pengerjaannya. Penanganan diganti dengan materia geobox yang disebut lebih kuat.

“Nah pekerjaan-pekerjaan inilah yang dalam beberapa hari ini akan menjadi perhatian kita. Sambil semua disiplin pada bidang masing-masing agar dalam dua minggu ini pekerjaan bisa selesai,” ujar Ganjar.

Secara keseluruhan, Ganjar mengatakan bencana rob yang terjadi pada minggu lalu disebabkan faktor cuaca. Ketinggian air laut yang naik hingga 1,5 sampai 2 meter juga menyebabkan tanggul jebol. Berkaca dari pengalaman kemarin, Ganjar meminta seluruh pihak bekerja cepat dan segera melaporkan kepadanya.

“Saya minta besok sudah ada laporan pompa-pompa mana yang mati. Laporkan kepada kami agar kami bisa segera menghidupkan lagi atau barangkali mencari substitusi atau pengganti agar kemudian kalau terjadi seperti itu kita bisa menyedot air ke laut jauh lebih cepat,” tutup Ganjar.

0 Response to "GELOMBANG MASIH TINGGI, GANJAR MEMINTA PERCEPATAN DALAM PENGUATAN TANGGUL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel