AJAK WARGA DATARAN TINGGI MENABUNG AIR, GANJAR : CARA MENANGGULANGI BANJIR



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memiliki inovasi khusus untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jateng. Salah satu terobosanya adalah menabung air di kawasan dataran tinggi.

Untuk mengimplementasikan inovasi ini, Ganjar mengajak seluruh warga dataran tinggi untuk membuat sumur resapan di rumah dan di sekitar pekarangan rumah masing-masing. Terlebih jika wilayahnya memiliki hutan gundul.

“Untuk menangani seluruh air yang turun, jadi kalau hujan turun dan kemudian hutannya gundul dan sebagainya pasti air akan langsung turun sampai bawah,” kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan, sumur tersebut bertujuan agar air teresap, sehingga, air hujan tidak langsung mengalir ke dataran rendah. Selain itu, air yang tertampung di dataran tinggi juga bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Menjaga air agar tidak muspro (sia-sia), tidak mengalir begitu saja. Maka sumur resapannya dibikin di dataran tinggi. Sebenarnya sebelum dia mengalir ditahan dulu, dan itu nanti akan berdaur dan limpahannya tidak sampai ke bawah,” jelas Ganjar.

Ganjar mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng sudah mulai merealisasikan gagasan tersebut. Ganjar sudah meminta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jateng untuk berkoordinasi dengan kota dan kabupaten yang berada di dataran tinggi.

Ganjar berharap setiap rumah di dataran tinggi bisa diwajibkan untuk membangun sumur resapan. Namun demikian, kata Ganjar, pihaknya akan memeta dan memilah daerah mana yang warganya wajib membuat sumur resapan itu.

“Yuk semua buat, maka kalau kemudian secara teknis dihitung dan mana yang masuk dataran tinggi, dan di sana katakan ada kawasan perumahan dan sebagainya, kita wajibkan saja,” imbuhnya.

“Agar setiap rumah membuat satu saja sumur resapan di halamannya, kalau dibuat serentak bisa membantu mengelola air dengan baik,” sambung Ganjar.

0 Response to "AJAK WARGA DATARAN TINGGI MENABUNG AIR, GANJAR : CARA MENANGGULANGI BANJIR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel