AJARKAN ILMU TITEN KEPADA SISWA, GANJAR : ITU ADALAH WARISAN LELUHUR



Salah satu daerah di Jawa Tenagah yakni Kabupaten Banjarnegara menjadi salah satu kawasan yang rawan longsor.

Akan dasar tersebut, Ganjar memberika pelajaran seputar Ilmu Titen dari kearifan lokal sebagai bentuk mitigasi adanya bencana alam di Banjarnegara pada Senin (25/7).

Ganjar menyebutkan, Ilmu Titen merupakan warisan turun temurun dari leluhur yang memerhatikan gejala-gejala alam. Sebagai kearifan lokal, menurut Ganjar sudah semestinya ilmu itu dipelajari oleh siapapun termasuk para siswa.

Hal itu disampaikan Ganjar saat melakukan kegiatan pendidikan kebencanaan untuk pelajar di aula SMKN 1 Bawang, Banjarnegara.

“Ilmu Titennya sebenarnya lebih pada kearifan lokal. Harapannya, mereka bisa mempraktikkannya dengan pengalaman-pengalaman masa lalu,” kata Ganjar.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan, di daerahnya tercatat ada 99 desa rawan bencana tinggi.

“Hampir lebih dari 70 persen, kita memang rawan bencana terutama longsor, gunung api dan gas beracun,” terang Andri.

Di wilayahnya terdapat salah satu desa yang telah mempraktikkan Ilmu Titen yaitu Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara.

“Mereka tinggalnya kan tidak bergerombol, di tebing-tebing, satuan-satuan, ya. Jadi kalau hujannya sudah dua hari atau tiga hari, biasanya keluarga ini mengungsi ke bawah (daerah aman), saudaranya yang aman yang tidak tinggal di lereng-lereng. Jadi itu Ilmu Titen,” terang Andri.

0 Response to "AJARKAN ILMU TITEN KEPADA SISWA, GANJAR : ITU ADALAH WARISAN LELUHUR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel