DAMPAK GANJAR PRANOWO BERI BANTUAN GAMELAN KEPADA PELAKU SENI DI DESA PAGERGUNUNG



Tidak hentinya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan dukungan terhadap pelaku seni. Pada tahun 2018, kesenian di Desa Pagergunung memberikan bantuan seperangkat gamelan.


“Saya ke sini melihat kalau bantuan pemerintah bermanfaat itu senang. Kalau begini, kita bisa senang, bahagia bersama. Saya senang karena juga mau jadi profesional,” kata Ganjar.


Ganjar, bukan hanya karena gamelan itu dimainkan tetapi telah mendorong masyarakat untuk berinovasi dan menghasilkan karya-karya baru. Hal itu menunjukkan bahwa warga Pagergunung tidak hanya sekadar nguri-uri atau melestarikan kebudayaan tetapi juga mengembangkannya.


“Ternyata tidak hanya dimainkan tetapi sudah menghasilkan karya tari yang bagus banget. Bagian kedua yang membuat saya senang sekali adalah anak-anak diajak berlatih untuk menari. Ini bagian bagaimana cara kita nguri-uri kebudayaan dan mengembangkannya. Tadi ada yang buat blangkon, pakaian, aksesoris buat sendiri, karena dulu pasti belum ada,” ujar Ganjar.


Bantuan alat kesenian kepada desa di Jawa Tengah sudah dilakukan Ganjar sejak tahun 2014 silam. Total ada 80 desa yang menerima bantuan berupa alat kesenian satu paket gamelan. Nilainya bermacam-macam, mulai dari Rp 75 juta sampai Rp 200 juta. Desa Pagergunung merupakan salah satu dari 80 desa tersebut.


Mengenai bantuan itu, Ganjar mendorong, masyarakat untuk lebih berinovasi dan berkreasi lagi melalui kebudayaan. Ia berharap dari desa di lereng gunung itu nantinya dapat muncul seniman-seniman kondang.


“Dari sini sangat bisa. Tinggal memanfaatkan proses kreatif dan diskusi, improvisasi dan berlatih terus. Buat video dan unggah ke Youtube juga,” tutur Ganjar.


Pengembangan kebudayaan juga dapat mendorong peningkatan perekonomian. Misalnya, dari sisi ekonomi kreatif bisa ditingkatkan dengan produk yang lebih bermacam. Nantinya orang datang ke Pagergunung tidak hanya melihat kesenian tetapi juga berbelanja produk.


Menurut Ganjar, hal itu juga sejalan dengan konsep Trisakti Bung Karno. Selain berdaulat secara politik, Indonesia juga harus mandiri secara ekonomi dan Indonesia yang berkepribadian secara sosial-budaya.


“Ekonomi kreatifnya akan muncul. Ini bagus untuk perekonomian desa. Seperti kata Bung Karno, kita harus mandiri secara ekonomi dan berkepribadian secara sosial bu

0 Response to "DAMPAK GANJAR PRANOWO BERI BANTUAN GAMELAN KEPADA PELAKU SENI DI DESA PAGERGUNUNG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel