GANJAR COBA MOTOR LISTRIK KARYA SMKN 2 BAWANG BANJARNEGARA



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merasa bangga dengan siswa SMKN 2 Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan mereka telah mengubah sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi listrik.


Ganjar berkesempatan untuk mencoba sepeda motor tersebut setelah acara Gubernur Mengajar di SMKN 1 Bawang, Banjarnegara.


Salah seorang siswa yang tergabung dalam proyek itu, Zidan mengatakan, bahan yang digunakan merupakan sepeda motor matik yang sebelumnya digunakan untuk praktik. "Ini dikerjakan selama dua bulan. Produksi baru satu, ini masih percobaan, masih akan dikembangkan lagi ke depan," kata Zidan.


Modifikasi tersebut dilakukan para siswa dari tiga jurusan, yaitu  Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, dan Teknik Elektronika Industri.


 Zidan menjelaskan, sepeda motor listrik ini dapat melaju 50-60 kilometer per jam dengan jarak tempuh 20-30 kilometer. Adapun untuk pengisian daya hingga penuh memerlukan waktu sekitar 3-4 jam.


 Siswa lainnya, Delta Ayodya Pradipta mengatakan, proses paling lama dalam pengerjaan sepeda motor listrik itu adalah pembuatan instalasi dan penggeraknya. Pasalnya modifimasi itu harus membuat instalasi baru yang lebih rumit dari instalasi aslinya.

 

"Paling lama pengerjaan pada bagian instalasi dan penggeraknya agar bisa jalan. Kabel banyak dan ruwet jadi harus rapi biar bisa jadi motor yang sempurna," jelas Delta.


Ganjar mengatakan, konversi sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi listrik merupakan ide yang bagus, meskipun belum sempurna.


"Ide bagus kalau anak-anak ini mesinnya bisa dibuat. Sebenarnya bisa ditawarkan, enggak usah beli motor listrik baru, motor lama saja dikonversi," kata Ganjar. 


Ganjar juga mendorong agar inovasi tersebut dapat terus dikembangkan, khususnya terkait kapasitas batere sehingga dapat menempuh jarak yang lebih jauh.



0 Response to "GANJAR COBA MOTOR LISTRIK KARYA SMKN 2 BAWANG BANJARNEGARA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel