GANJAR PRANOWO BERI HADIAH KEPADA SENIMAN LEGENDARIS



Saat berada di Solo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan untuk mampir kerumah pasangan Mbah Tris (78) atau yang disapa Sutrisna dan Mba Ning (68), yang merupakan maestro wayang beber.


Wayang beber sendiri merupakan wayang yang terbuat dari kertas yang dilukiskan per empat episode cerita. Pementasannya berupa pertunjukan gambar yang digelar. Hingga kini, pasutri itu masih aktif berkarya di rumahnya yang berada di Kampung Wonosaren, Jagalan, Solo.


Pada 2018, Mbah Tris dan Mbah Ning mendapat bantuan perbaikan rumah saat Ganjar datang ke rumahnya. Saat itu kondisi rumahnya memprihatinkan. Ganjar saat itu berjanji akan membantu perbaikan dan menyulap rumah itu menjadi sebuah studio.


Kini rumah itu telah selesai direnovasi. Begitu senangnya kedua pasangan itu saat Ganjar mampir ke rumahnya.


“Matur suwun sanget pak, niki sampun sae,” kata Mbah Tris dengan mata berkaca-kaca.


“Alhamdulillah, lha tapi kok kasure ngeten niki? Tak tumbaske seng empuk ya. Masak tidurnya di kursi begini,” ujar Ganjar saat melihat rumah Mbah Tris setelah renovasi.


Bagi Ganjar, Mbah Tris dan Mbah Ning merupakan seniman langka. Dia berharap, dengan kondisi rumahnya yang terus membaik, pasangan itu bisa terus berkarya. Selain itu, rumah tersebut bisa menjadi tempatnya membagi ilmu untuk generasi saat ini.


“Tentu saja kita kepingin beliau selalu melukis terus. Melukis wayang beber. Ilmunya diteruskan kepada yang lain gitu kan, yang anak-anak muda. Sehingga keterampilan ini, seni ini akan terus saja hidup dan kemudian ngrembaka,” ungkap Ganjar.

0 Response to "GANJAR PRANOWO BERI HADIAH KEPADA SENIMAN LEGENDARIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel