IDE GANJAR PRANOWO MENGENAI PERMASALAHAN BANJIR



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sebuah ide perihal mengatasi permasalahan banjir, yang sering terjadi di dataran rendah.


Ide tersebut adalah yaitu meminta warga yang tinggal di dataran tinggi untuk membuat sumur resapan di rumah atau pekarangannya. Tujuannya agar air tidak langsung turun ke dataran rendah.Menurutnya perlu ada sebuah manajemen di mana air bisa cepat meresap ke tanah, salah satunya melalui sumur resapan.


"Untuk menangani seluruh air yang turun, jadi kalau hujan turun dan kemudian hutannya gundul dan sebagainya pasti air akan langsung turun sampai bawah," kata Ganjar


"Bagaimana menjaga air agar tidak muspro (sia-sia), tidak mengalir begitu saja. Maka sumur resapannya dibikin di dataran tinggi. Sebenarnya sebelum dia mengalir ditahan dulu, dan itu nanti akan berdaur dan limpahannya tidak sampai ke bawah," jelasnya.


Ganjar mengaku sudah mulai melakukan aksi untuk merealisasikan gagasan itu. Dia telah meminta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jateng untuk berkoordinasi dengan kota dan kabupaten yang berada di dataran tinggi.


Melalui koordinasi itu, dia berharap setiap rumah di dataran tinggi bisa diwajibkan untuk membangun sumur resapan. Tentunya aturan itu akan didahului dengan pemetaan untuk memilah daerah mana yang warganya wajib membuat sumur resapan itu.


"Yuk semua buat, maka kalau kemudian secara teknis dihitung dan mana yang masuk dataran tinggi, dan di sana katakan ada kawasan perumahan dan sebagainya, kita wajibkan saja. Agar setiap rumah membuat satu saja sumur resapan di halamannya, kalau dibuat serentak bisa membantu mengelola air dengan baik," jelas Ganjar.


0 Response to "IDE GANJAR PRANOWO MENGENAI PERMASALAHAN BANJIR "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel