PERTEMUAN GANJAR PRANOWO DENGAN PLT DUBES MALAYSIA



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu dengan Plt Dubes Malaysia untuk Indonesia yaitu Adlan Mohd Shaffiq. Pertemuan tersebut membahas kerja sama mulai dari energi hingga pangan, kemudian juga membicarakan perkembangan kawasan industri di Batang.


“Tadi (diskusi) tentang penguatan korporasi dan kolaborasi antara dua negara dan perusahaan Malaysia khususnya di Jawa Tengah. Ada banyak kesempatan kerja sama dalam bidang energi hijau, dalam hal pembangunan, kolaborasi pangan,” ujar Adlan usai pertemuan.


Adlan menyampaikan apresiasi tinggi kepada Ganjar yang menyambutnya dengan sangat baik dan hangat. Pada kesempatan itu pula Adlan mengatakan, dalam waktu dekat segera ada pejabat definitif Dubes Malaysia untuk Indonesia.


“Sekali lagi terima kasih Pak gubernur atas waktunya, dan ternyata kita punya pembahasan yang sangat bagus,” ujarnya.


Sementara itu, Ganjar Pranowo menyatakan, Indonesia dan Malaysia memiliki potensi yang sama dalam pengembangan energi dan pangan. Situasi geopolitik dunia perlu disikapi dengan cermat.


“Maka kerja sama antara Indonesia Malaysia mesti lebih ditingkatkan,” tegasnya.


Peningkatan kerja sama dan konsolidasi, antara lain bisa dilakukan melalui pengembangan sumber daya alam yang dimiliki kedua negara anggota ASEAN itu. Terutama kelapa sawit.


“Kita bisa saling support untuk kita bisa punya daya tahan tinggi sehingga negara-negara ASEAN dalam konteks energi dan pangan punya resilience, punya ketangguhan,” ujarnya.


Dengan visi tersebut, Ganjar optimistis negara di ASEAN akan bisa lebih tangguh menghadapi pergolakan yang terjadi di dunia. Sehingga tidak bergantung pada dominasi satu atau dua negeri saja.


“Kalau Malaysia sama Indonesia juaranya soal kelapa sawit dan minyak goreng. Kita juaranya, maka kita mesti bicara lebih banyak kaitan dengan suplai dunia juga termasuk pengendalian harganya ini antara lain,” tuturnya.


Lebih lanjut Ganjar menyebut, potensi kerja sama lain yang juga dibahas adalah terkait pengembangan energi hijau. Dalam hal ini terkait electric vehicle.


“Indonesia punya natural resources yang cukup bagus tinggal kolaborasi antarnegara inilah yang bisa mendapatkan nilai tambah dari natural resources kita untuk di-develop menjadi produk lain yang punya nilai tambah,” ujarnya.


0 Response to "PERTEMUAN GANJAR PRANOWO DENGAN PLT DUBES MALAYSIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel