HIMBAUAN GANJAR KEPADA PARA REMAJA : HINDARI PERNIKAHAN DINI DAN SEKS BEBAS



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan himbauan kepada seluruh remaja di Indonesia agar menjauhi seks bebas dan mengajak kepada para pemuda untuk mencegah pernikahan dini.

Hal tersebut disampaikan Ganjar untuk menciptakan generasi penerus yang sehat secara fisik dan mental.

Ganjar menuturkan, usia menikah untuk wanita minimal 21 tahun dan 25 tahun untuk laki-laki.

“Menikah harus minimal usia 21 untuk perempuan dan 25 untuk laki-laki. Kenapa demikian? Karena kalau dibawah usia 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki, secara fisik, mental dan finansial-nya belum siap,” jelas Ganjar.

Ganjar menilai bahwa saat ini kondisi remaja di Indonesia cukup memprihatinkan. Ini tak lain karena banyak ditemukannya ‘JUS’ atau Janda Usia Sekolah.

Ganjar berkaca pada banyaknya anak ditemukan sudah menikah saat usianya yang masih sangat muda. Semakin parah, mereka juga belum siap secara fisik maupun mental menjadi orang tua.

Penyebab dari banyaknya ‘JUS’ adalah karena adanya faktor ekonomi serta sosial dan budaya di Indonesia yang beranggapan bahwa usia setelah lulus sekolah merupakan saat yang tepat untuk menikahkan anak-anaknya.

Padahal, pernikahan harus direncanakan dan melalui lima transisi kehidupan yang sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi remaja. Hal itu bertujuan supaya dapat menekan angka kematian pada ibu dan bayi yang saat ini masih sangat tinggi.

“Banyak orang tua yang menikahkan anak-anaknya, terutama anak perempuan yang ditakutkan akan menjadi perawan tua. Padahal, seharusnya pernikahan itu direncanakan,” ujar Ganjar.

Ganjar tidak hanya mengajak remaja untuk menghindari perkawinan dini dan seks bebas. Ia juga meminta agar remaja Indonesia menghindari mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba, mengonsumsi minuman beralkohol dan melakukan sesuatu yang merugikan diri sendiri.

Dengan demikian, para remaja harus menghabiskan usia mudanya untuk hal-hal yang positif dan terus mengasah bakat dalam dirinya masing-masing.

Salah satu cara yang dirinya sebutkan yakni para remaja harus memiliki kesibukan yang diisi dengan kegiatan-kegiatan positif seperti ikut forum GenRe (Generasi Berencana).

Lewat forum yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu, para remaja bisa mengembangkan potensi diri, habiskan waktu muda dengan berkontribusi kepada bangsa Indonesia.

“Rangkul teman-teman yang lain untuk mewujudkan remaja Indonesia yang sehat, cerdas dan ceria,” tandas Ganjar.

0 Response to "HIMBAUAN GANJAR KEPADA PARA REMAJA : HINDARI PERNIKAHAN DINI DAN SEKS BEBAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel