KEBIJAKAN GANJAR UNTUK KEBANGKITAN BAWANG PUTIH DI TEGAL



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong kebangkita komoditas bawa putih di Kabupaten Tegal melalui learning centre.


"Karena hasil ekonominya mulai terasa, terlihat secara visual, dan tentu learning center ini menjadi tempat yang bagus. Kalau bisa nanti kita replikasi," kata Ganjar


Ganjar menyampaikan, adanya learning centre para pengusaha bawang putih yang sempat gulung tikar kini punya kesempatan membangkitkan usahanya. Menurut Ganjar, hal ini juga akan berdampak pada penurunan impor bawang putih. 


"Sekarang ada learning centre yang sedang dibangun dengan hasil yang relatif bagus. Beberapa orang yang akhirnya dulu merantau ketika kemudian di antara tanda kutip bangkrut itu orang bisnis bawang putih di sana, akhirnya bisa kembali," imbuhnya. 


Ganjar menjelaskan, komoditas bawang putih pernah berjaya di Jateng pada era 1980-an. Bahkan pada kejayaannya hasil keuntungan komoditas ini mencapai 4 miliar. Lewat learning centre ini, Ganjar ingin kejayaan tersebut kembali. 


Dia pun akan meninjau proses pembangunannya pekan ini. "Insya Allah Jumat (5 Agustus 2022) besok kita akan lihat ke sana hasilnya. Mudah-mudahan ini juga bisa didorong menjadi pusat perbenihan bawang putih agar kita bisa mandiri," tandasnya


Adapun sejumlah fasilitas tersedia di learning centre bawang putih ini, seperti gedung bangsal belajar dan green house. Learning centre akan diresmikan bulan ini dan dikelola Kelompok Tani Berkah Tani Tuwel dibawah binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal.

0 Response to "KEBIJAKAN GANJAR UNTUK KEBANGKITAN BAWANG PUTIH DI TEGAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel