GANJAR TERSANJUNG SAAT KUNJUNGAN KE PULAU NIAS



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Pulau Nias, Sumatera Utara, Ganjar diberi hadiah alat musik tutuhao dan buku yang mengulas tentang Pulau Nias.


Ganjar berkesempatan mampir ke Museum Nias, Gunung Sitolo, disana Ganjar ,melihat koleksi tentang masyarakat Nias.


Bahkan, ia berkesempatan memainkan tutuhao, alat musik khas Nias yang terbuat dari bambu. 


Sekira 20 menit memelajari sejarah Nias di museum, Ganjar diberi hadiah alat musik tutuhao dan buku yang diserahkan langsung oleh Direktur Museum Nias, Nata'alui Duha.


"Iya, alat musik yang sangat menarik dan ternyata entah kenapa mereka membuat karya yang cukup bagus ini, Tutuhao. Jadi, alat musik pukul menghasilkan tiga suara ternyata. Ada suara gong, gendang, canang. ternyata ini dari bambu," ujar Ganjar.


Bagi Ganjar, adanya tutuhao menjadi penanda bahwa nenek moyang, terutama di Pulau Nias memiliki sains of art yang tinggi di bidang musik.


"Rupanya nenek moyang kita, khususnya yang di Nias itu punya sains of art yang sangat tinggi terutama dalam seni musik ya," paparnya.


Selain tutuhao, Ganjar juga mendapat buku tentang sejarah masyarakat Nias.


"Dan ada satu buku lagi tentang asal usul masyarakat Nias. Yang menulis seorang Pastur dan sekaligus pendiri museum. ternyata bisa menceritakan banyak hal tentang Nias," ucapnya. 




0 Response to "GANJAR TERSANJUNG SAAT KUNJUNGAN KE PULAU NIAS "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel