TERJUN LANGSUNG KE BREBES, GANJAR BERIKAN BANTUAN RUMAH KEPADA 32 KELUARGA TERDAMPAK BANJIR



Sebanyak 32 keluarga terkena dampak banjir Sungai Kalikeruh yang berada di Kabupaten Brebes dan langsung menerima bantuan rumah Optimis (Omah Panel Tingkat Milik Sederhana) atau hunian vertikal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bantuan berbasis komunitas itu diberikan melalui program tuku lemah oleh lemah (beli tanah dapat rumah).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan, bantuan itu diberikan setelah ada laporan terkait puluhan keluarga yang kehilangan rumah akibat banjir Sungai Kalikeruh, pada Februari 2022 lalu.

“Kemarin ada warga yang melapor kepada Pemda, ternyata banyak rumahnya yang terbawa banjir. Ternyata juga banyak dari rumah itu yang tidak ada surat-suratnya. Hari ini ada bantuan dari pemerintah, yang mudah-mudahan bisa mendorong semuanya semangat,” kata Ganjar.

Ganjar juga menambahkan, formula bantuan tersebut diberikan secara kolektif melakui basis komunitas sempadan sungai Kalikeruh. Puluhan warga yang tergabung komunitas membeli area tanah. Masing-masing keluarga membeli tanah seluas 18 meter persegi dengan harga Rp7,5 juta. Kemudian Pemprov Jateng memberikan bantuan berupa rumah dua lantai sebesar Rp50 juta per rumah.

“Saya tadi tanya beli tanahnya seharga Rp7,5 juta. Ini yang judulnya tuku lemah oleh lemah. Jadi saya minta nanti masyarakat gotong royong membantu (membangun),” ungkap Ganjar.

Selain bantuan rumah dua lantai, pemerintah juga memberikan stimulan senilai Rp1,8 juta untuk upah padat karya. Mayoritas penerima bantuan berprofesi sebagai pedagang. Saat bencana banjir itu rata-rata rumahnya mengalami kerusakan berat.

“Ini desain pertama yang modelnya dua lantai. Semoga bisa dimanfaatkan jangka panjang. Nangi tinggal kita tambahin jamban dan listrik,” beber Ganjar.

Ketua Komunitas Sempadan Sungai Kalikeruh, Deni, menyampaikan terima kasih atas bantuan rumah yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Mewakili anggota komunitas saya menyampaikan terima kasih, Pak. Ini sangat membantu kami setelah bencana banjir kemarin,” ujar Deni.

0 Response to "TERJUN LANGSUNG KE BREBES, GANJAR BERIKAN BANTUAN RUMAH KEPADA 32 KELUARGA TERDAMPAK BANJIR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel