GANJAR COBA ALAT MUSIK BUNDENGAN BARENG MUSISI WONOSOBO



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lesehan bersama seniman musik Bundengan saat menghadiri Gala Dinner Hari Sumpah Pemuda di Pendapa Kabupaten Wonosobo. 


Ganjar sempat mencoba alat musik yang sudah masuk ke dalam warisan budaya tak benda dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu.


Pada akhir pertunjukan, Ganjar yang sudah selesai menyantap hidangan mi ongklok khas Wonosobo langsung diminta untuk mencoba alat musik tradisional itu. Ganjar kemudian beranjak dari tempat duduknya dan langsung duduk bersila di balik Bundengan. 


Ia langsung memetik senar yang dipasang pada kowangan (peneduh dari anyaman bambu yang biasa digunakan oleh penggembala bebek). 


Saat itu juga penonton langsung serentak melantunkan lagu “Ojo Dibandingke” ciptaan Abah Lala.


“Wis. Wis. Ora bisa nadane. (Sudah. Tidak bisa nadanya),” ujar Ganjar yang langsung meminta Said untuk memainkan Bundengan dan Nanda menyanyikan lagu “Ojo Dibandingke”. Ganjar dan semua yang hadir pun ikut mendendangkan lagu tersebut.


Usai acara, Ganjar mengatakan, Bundengan merupakan alat musik tradisional yang sangat unik dan bagus. Apalagi sekarang mulai banyak anak-anak muda yang memainkan alat musik itu.


“Alat musik yang bagus banget ya. Bundengan itu ada yang memainkan, tradisional, dan menurut saya ini bisa dijadikan satu musik khas yang sangat etnik. Etnomusiknya itu bisa betul-betul memunculkan,” kata Ganjar.


Ganjar berharap kesenian tersebut bisa terus dikembangkan. Apalagi sudah masuk dalam warisan budaya tak benda. Mereka yang mendengar dan melihat Bundengan dimainkan, pasti tidak menyangka jika alat itu dulunya digunakan untuk berteduh para penggembala bebek.


“Kalau kemudian di Wonosobo bisa dimainkan oleh banyak orang dan nanti dikawinkan dengan musik-musik modern, rasa-rasanya ini akan menjadi satu tontonan yang menarik karena unik banget, dan orang pasti tidak mengira kalau itu bisa dipakai untuk alat musik. Dulunya itu hanya dipakai untuk berteduh sebagai peralatan. Ini pernah ditampilkan juga di beberapa negara dan banyak orang yang menekuni itu. Menurut saya itu oke banget,” ujar Ganjar.

0 Response to "GANJAR COBA ALAT MUSIK BUNDENGAN BARENG MUSISI WONOSOBO"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel