GANJAR PRANOWO TERKESAN DENGAN SANGGAR BUDAYA SKWL



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kagum dengan Kelincahan anak-anak usia sekolah dasar dan taman kanak-kanak di Sanggar Budaya SKWL Nusantara di Desa Grinting, Kabupaten Boyolali.



"Bayangin, dari TK sampai SD, mereka bisa memainkan instrumen gamelan, dan anda lihat, yang kita dengarkan di belakang ini mereka mainnya tanpa partitur. Artinya ketrampilan sudah bagus dan mereka menunjukkan kemampuannya di depan saya," kata Ganjar 


Ganjar sempat mengundang beberapa anak yang berani untuk tampil di depannya.

Dari menari, bernyanyi atau tembang, hingga menjadi dalang.

Di sinilah decak kagum Ganjar seperti tak ada putusnya.


Pertama dimulai dari Nadia, seorang anak TK yang berani maju untuk menjawab tantangan Ganjar.

Kemudian giliran Hilda Kusumawardani yang membuat Ganjar terkesan.


Hilda maju untuk bernyanyi lagu wajib Satu Nusa Satu Bangsa dan tembang Jawa Gugur Gunung.


Menurut Ganjar Pranowo, keberadaan Sanggar Budaya SKWL Nusantara di tengah pemukiman tersebut menjadi ruang yang bagus untuk upaya pelestarian dan pengembangan budaya.

Apalagi sanggar yang dikelola Ki Gondo Wartoyo itu mengajari anak-anak dari TK-SD untuk berlatih dan belajar budaya Jawa, khususnya karawitan, pedalangan, dan tembang.


"Menarik kan, ini ada sanggar cukup sederhana terus kemudian membuka ruang kepada anak-anak kita untuk bisa berlatih berkesenian. Tidak hanya nguri-uri tetapi juga memperkenalkan karena ini anak-anak yang sangat muda ya," ujar orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

Melihat apa yang dilakukan Ki Gondo Wartoyo di Boyolali, Ganjar memiliki harapan besar tentang keberlanjutan masa depan Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan.

0 Response to "GANJAR PRANOWO TERKESAN DENGAN SANGGAR BUDAYA SKWL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel