GERAKAN SERIBU EMBUNG INOVASI GANJAR, JAUH MELAMPAUI TARGET



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah menjalankan program Gerakan Seribu Embung sejak 2015 lalu dan hasilnya jauh melampaui target.

Saat ini, sebanyak 1.135 embung telah dibangun di Jawa Tengah dan akan terus ditambah. Sekalipun target sudah tercapai tapi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus membangun embung.

Ganjar menyampaikan maafaat yang untuk masyarakat dari pembangunan empung.lantaran Jawa Tengah kerap dilanda bencana kekeringan saat musim kemarau, dan banjir saat musim hujan. Air yang ditampung dalam embung dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah saat musim kemarau, dan menyediakan sumber air baku untuk warga.

Apalagi, sebagai salah satu lumbung pangan di tanah air, Jawa Tengah harus menjaga produktivitas pertaniannya. Sementara, saat musim hujan, embung berfungsi sebagai penampung air dan pengendali banjir.

“Embung ini menjadi solusi persoalan kebutuhan irigasi dan air baku,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, anggaran pembangunan embung bersumber dari APBN dan APBD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pembangunan embung yang didanai APBN dikerjakan oleh BBWS (141 unit), dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah (512 unit).

Pembangunan yang didanai APBD Jawa Tengah dilakukan secara gotong royong oleh Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (74 unit), Dinas Pertanian dan Perkebunan (4 unit), dan pemerintah kabupaten/ kota (11 unit).

Jawa Tengah juga mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk membangun 390 embung, dan hibah CSR perusahaan sebanyak 3 unit. Pembuatan embung tetap jalan terus sampai hari ini. Bila lahan dan ruang-ruang sisa, maka Pemprov Jateng dapat memanfaatkannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pusdataru Provinsi Jateng Eko Yunianto mengatakan, pihaknya telah membangun 74 unit embung di 19 kabupaten/kota. Embung tersebut ditambah dengan 17 long storage milik Pusdataru berkapasitas tampungan air mencapai 2,5 juta m3. Pemanfaatannya untuk irigasi 2.015 hektare lahan pertanian, dan sumber air baku untuk 27.912 kepala keluarga (KK).

Selain embung, di Jawa Tengah juga terdapat 41 bendungan eksisting. Eko menambahkan, saat ini tengah dibangun tiga bendungan baru, yakni Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang, Bendungan Jlantah (Karanganyar), dan Bendungan Bener (Purworejo).

Ada pula empat bendungan yang sertifikasi operasionalnya masih berproses, yaitu Bandungan Logung (Kudus), Bendungan Gondang (Karanganyar), Bendungan Pidekso (Wonogiri), dan Bendungan Randugunting (Blora).

0 Response to "GERAKAN SERIBU EMBUNG INOVASI GANJAR, JAUH MELAMPAUI TARGET"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel