BERSAMA JATENG, GANJAR KEMBALI DAPAT PENGHARGAAN



Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meraih penghargaan sebanyak tiga  berturut-turut sebagai pembina pemenuhan hak disabilitas di dunia kerja Inklusif.


Hingga Oktober 2022, di Jateng ada 216 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja difabel mencapai 2.057 orang.


Kepala Disnakertrans Jateng Sakina Rosellasari mengatakan, penghargaan itu diberikan oleh Kemenaker RI, atas dedikasi gubernur sebagai kepala daerah dalam upaya penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak disabilitas di dunia kerja inklusif. Setiap tahun, semenjak 2020 Jawa Tengah selalu menerima penghargaan tersebut.


Selain kepada pemda, penghargaan itu juga diberikan pada perusahaan, BUMN dan BUMD yang telah mengkaryakan difabel.


"Sesuai UU nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, perusahaan harus mempekerjakan disabilitas paling tidak 1 persen. Dari tahun ke tahun, perusahaan di Jateng memiliki good will untuk membuka ruang bagi disabilitas masuk di dunia kerja dan industri," ujarnya


Pemprov Jateng kemudian gencar melakukan sosialisasi sekaligus pendampingan dan pelatihan. Pelatihan dilakukan sesuai dengan minat dan kemampuan difabel. Dengan begitu, mereka bisa memilki keterampilan yang dibutuhkan perusahaan dan berpeluang direkrut bekerja.


Kebanyakan, perusahaan yang membutuhkan tenaga disabilitas adalah sektor padat karya. Seperti industri tekstil, alas kaki dan aparel. Adapun, disabilitas yang bisa dikaryakan disektor-sektor tersebut seperti tuna daksa, hingga tuna rungu. Sementara, untuk disabilitas seperti netra diarahkan untuk mengikuti pelatihan keterampilan dan berwira usaha.


Selain Pemprov Jateng, pelatihan dan penyaluran pekerja disabilitas juga dilakukan oleh pemerintah kota/kabupaten.

0 Response to "BERSAMA JATENG, GANJAR KEMBALI DAPAT PENGHARGAAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel