UBAH MINDSET ASN MENJADI LANGKAH GANJAR TINGKATKAN PELAYANAN KEPADA PUBLIK



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memilih untuk mengubah mindset para aparatur sipil negara (ASN) di wilayah Provinsi Jawa Tengah agar dapat melayani masyarakat dengan baik,sebagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Tantangan pertama ini adalah mengubah mindset untuk melayani masyarakat dengan baik. Sekarang itu ekspektasi publik jauh meningkat. Maka seluruh ekspektasi itu kita dorong agar ASN punya ide-ide untuk merespons ekspektasi publik ini,” jelas Ganjar.

Ganjar juga menyampaikan bahwa salah satu pendekatan yang digunakan untuk perbaikan pelayanan publik di Jawa Tengah adalah dengan mewajibkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memiliki media sosial. Hal ini dilakukan untuk menjaring komplain dari masyarakat dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Apa yang dilakukan tersebut ternyata mampu mendorong ASN untuk dapat mengubah diri untuk memberikan pelayanan terbaik dan kemudian melakukan inovasi dalam proses pelayanan publik. Ini juga terlihat dari jumlah Mal Pelayanan Publik (MPP) yang telah dihadir di wilayah Jawa Tengah. Sebanyak 21 dari 35 kabupaten dan kota atau sebesar 60 persen telah memiliki MPP.

“Mengubah mindset ini sulit, tapi bisa kita dorong. Dengan adanya masukan dan komplain dari masyarakat, maka pelayanan publik di Jawa Tengah dapat terus berbenah untuk meningkatkan kualitasnya dalam melayani masyarakat,” ungkap Ganjar.

0 Response to "UBAH MINDSET ASN MENJADI LANGKAH GANJAR TINGKATKAN PELAYANAN KEPADA PUBLIK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel