BERKAT GANJAR, WARGA SUGIHMAS MILIKI AIR BERSIH

  

Warga Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, yang harus berburu air bersih hingga dua kilometer adalah cerita masa lalu. 


Kini, mereka telah memiliki jaringan penyalur air bersih kolaborasi Pemerintah Provinsi Jateng, Pemkab Magelang dan Pemdes Sugihmas, yang difungsikan pada 2021 lalu, masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih.


Mereka tidak harus berburu air bersih hingga jauh, karena air dari sumber yang berada. Tak ada lagi antrean panjang warga mengambil air bersih di kolam air masjid.

Jaringan penyalur air bersih berhasil direalisasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Saat itu, Gubernur mengaku sulit menemukan cara mengalirkan air dari bawah sumber ke Desa Sugihmas yang letaknya di atas. Berkat kolaborasi Pemerintah Provinsi Jateng,  Pemkab Magelang dan Pemdes Sugihmas, masalah teratasi. Pada 2021, proyek penanganan selesai setelah air dari sumber di desa bawah bisa disedot pakai mesin.


“Sebelumnya tidak ada air. Kalau kemarau itu susah cari air harus sampai dua kilometer. Sehari dapat dua ember sampai tiga ember,” kenang seorang warga Desa Sugihmas, Asmuni di rumahnya, Sabtu (26/1/2023).


Pria 49 tahun ini masih ingat rasa susahnya yang harus mencari air, sebab letak sumber air yang jauh. Bagi warga yang memiliki mobil, jarak tak jadi masalah. Tapi bagi warga yang tak memiliki mobil, mereka harus mengangkut air dengan alat seadanya.


“Mandi susah, cari air sampai dua kilometer, sumber air itu jauh. Kalau punya mobil bisa, kalau tidak punya ya jalan kaki,” ungkap warga RT 5 RW 12.


Ela Hikmawati, ibu rumah tangga Desa Sugihmas, juga menyampaikan pengalaman saat susahnya mendapatkan air. Perempuan 27 tahun ini mengenang, ketika tengah hamil, ia tetap harus berjuang mendapatkan air bersih.


“Ndilalahe pas kebetulan saat itu kondisi saya hamil. setiap mau mandi harus masuk antre di kolam masjid. di rumah ada kolam air ,tapi air dari sumber tidak sampai rumah. Jadi harus ten kolam masjid,” ucap Ela di depan rumahnya.

0 Response to "BERKAT GANJAR, WARGA SUGIHMAS MILIKI AIR BERSIH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel