BERKAT PROGRAM GANJAR, USAHA PERAJIN SANGKAT DAPAT BERKEMBANG



Program pemasangan listrik yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sejak 2019, menargetkan 15 ribu penerima setiap tahunnya. 


Hingga tahun 2021, program ini telah berhasil memasang 55 ribu sambungan listrik gratis dan masih terus berlanjut tahun ini.

Salah satu penerima bantuan listrik gratis yang juga pelaku UMKM sangkar burung di Desa Tanjungrejo, Kabupaten Sukoharjo bernama Pambudi, mengutarakan kebahagiannya setelah mendapat bantuan listrik gratis dari Ganjar.


Pria berusia 37 tahun ini adalah salah satu penyandang disabilitas akibat kecelakaan kerja yang dialaminya pada tahun 2010 silam. 


Saat itu ia masih bekerja sebagai tukang bangunan. Tubuhnya tertimpa tembok rumah yang sedang dikerjakan dan mengalami lumpuh sehingga harus beraktivitas di atas kursi roda.


"Awalnya saya modalnya modal nekat, terus akhirnya dengan keuletan kemudian dengan niat. Intinya malu sama teman, karena kalau teman datang ke sini pada kasih uang. Akhirnya pikiran saya terbuka, ingin buat usaha sangkar burung," ujar Pambudi.


Semangat Pambudi dalam mengembangkan usahanya pun semakin menjadi-jadi, setelah ia dan keluarganya terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan listrik gratis dari Ganjar pada tahun 2022.


Usahanya memang membutuhkan aliran listrik untuk pengoperasian alat kerjanya, seperti bor, kompresor dan gerinda. Dengan adanya bantuan listrik gratis tersebut, ia pun merasa sangat terbantu.


"Tahun 2022 dapat bantuan listrik gratis dari Pak Ganjar Pranowo. Alhamdulillah itu membantu saya membuat sangkar burung, untuk usaha macam-macam lah. Ya sangkar burung, ya pipa rokok. Alhamdulillah bisa membantu saya usaha lah berkat bantuan dari Pak Ganjar ini," kata Pambudi.


Ia mengungkapkan sebelum mendapat bantuan listrik gratis dari Ganjar, keluarganya terbebani oleh biaya listrik bulanan. Pambudi juga harus menyambungkan aliran listrik dari tempat yang cukup jauh dari rumahnya untuk mengoperasikan alat kerjanya.


Kini berkat kemudahan akses listrik gratis, UMKM sangkar burung Pambudi semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas. Pesanan pun tidak hanya datang dari Kabupaten Sukoharjo saja, tetapi sudah mencakup seluruh wilayah Jawa Tengah.


Sangkar burung buatan Pambudi pun dijual dengan harga yang terhitung murah untuk kualitas apik yang dibuat dari kayu jati, yakni pada kisaran Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu untuk satu buah sangkar burung.


"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Ganjar yang sudah membantu listrik gratis di tahun 2022. Alhamdulillah mempermudah usaha saya, daripada saya harus bayar bulanan gitu kan. Pokoknya sangat bermanfaat untuk usaha saya," tutur Pambudi.

0 Response to "BERKAT PROGRAM GANJAR, USAHA PERAJIN SANGKAT DAPAT BERKEMBANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel