BERSAMA GANJAR, JATENG MILIKI DATA CENTER



Provinsi Jawa Tengah kini memiliki pusat data (data center) yang mengimpun dan mengelola data serta mengamankannya dari serangan siber. 


Dengan fasilitas digital ini, diharapkan layanan kepada warga semakin cepat, mudah dan murah.


Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, menyampaikan harapan dengan adanya Pusat Data Jawa Tengah untuk dapat memberikan andil besar dalam proses penentuan kebijakan. 


Ia mencontohkan, bagaimana pertanian dapat memanfaatkan big data untuk menentukan cuaca, prakiraan musim tanam hingga panen.


“Maka, bisa disiapkan dengan artificial intelligent, di sini para analis memanfaatkan, memproyeksikan, sehingga pada titik tertentu bisa diambil bagaimana treatment-nya (perlakuan). Kalau seluruh OPD bisa memanfaatkan ini, maka seluruh keputusan lebih presisi ketimbang pakai ilmu kira-kira,” ujar Ganjar.


Ganjar menyebut, fasilitas pusat data hanyalah perwujudan fisik dari kebijakan percepatan pemerintah yang terdigitalisasi. Ia berharap, nantinya seluruh data yang dihasilkan dan dikelola, berguna untuk masyarakat.


“Harus ada added value (nilai tambah) sehingga output-nya gedung, outcome-nya adalah keputusan yang bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Ganjar.


Kepala Badan Siber Sandi Nasional (BSSN) RI Hinsa Siburian mengapresiasi kebijakan Ganjar Pranowo dalam percepatan pembangunan Pusat Data Jateng. Menurutnya, kebijakan itu selaras dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.


“Ini inisiatif yang luar biasa, karena kalau kita masih menunggu pusat data nasional tahun 2024 itu kan cukup lama, terima kasih Pak Gubernur. Kita akan asistensi dari segi keamanan, standarnya kemudian SDM dan keamanannya,” tuturnya.


Sementara itu, Kepala Diskominfo Jateng Riena Retaningrum mengatakan, digitalisasi merupakan roh menuju pelayanan masyarakat yang mudah murah dan cepat. Selain itu, dengan didirikannya pusat data ini, sekaligus mengatasi ruang keterbatasan penyimpanan data yang selama ini dikeluhkan

0 Response to "BERSAMA GANJAR, JATENG MILIKI DATA CENTER"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel