CARA GANJAR PRANOWO BANGKITKAN UMKM JATENG



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan apresiasi, dari Pemerintah Provonsi Jawa Tengah bersama seluru jajaran pemerintah kota dan kabupaten dalam sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Menurut catatan Ganjar, kinerja tersebut turut didukung dengan kebijakan penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Tahun lalu juga kita tertinggi, kalau hari ini tertinggi lagi ya kawan-kawan berarti kerjanya hebat ya karena kebijakan KUR itu sebenarnya daerah hanya butuh lebih kreatif saja," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, jika pendistribusian KUR yang digelontorkan pemerintah pusat bisa dilakukan dengan cepat dan efektif. Hasilnya, tak hanya menyerap pendapatan daerah saja, tetapi juga menguntungkan banyak pihak, khususnya pelaku usaha UMKM.

"Kalau kita bisa mendistribusikannya dengan cepat, serapannya juga banyak, kan UMKM yang mendapatkan ini ya yang usaha mikro kecil ini. Maka tugas kita memfasilitasi itu dan itu membuat ringan pemerintah daerah," jelas Ganjar.

Ganjar menilai, KUR sangat membantu pemerintah daerah terkait alokasi APBD yang terbatas. Pada wilayah Jawa Tengah, Ganjar mengaku telah melakukan banyak upaya untuk memajukan UMKM lokal, salah satunya melalui program Lapak Ganjar, pembuatan hetero space hingga kredit murah rendah bunga dan membantu akses permodalan pelaku usaha.

"Sebab kalau tidak, kita akan berdarah-darah mengeluarkan dari APBD yang sangat terbatas. Maka dengan menggunakan fasilitas perbankan, kebijakan pemerintah pusat, buat saya ini menarik sekali dan akan terus kita genjot," ujar Ganjar.

Ganjar memastikan, Jawa Tengah akan terus berupaya mendorong UMKM sebagai salah satu penyangga perekonomian agar UMKM nasional, terutama yang ada di daerah, mampu lebih berkembang dan dapat dipasarkan di seluruh dunia.

"Kepedulian terhadap usaha kecil dari sisi aspek finansialnya bisa menggunakan itu, meskipun dengan yang lain juga bisa dilakukan. Tapi KUR ini betul-betul bisa membantu mereka dan bagus," kata Ganjar

0 Response to "CARA GANJAR PRANOWO BANGKITKAN UMKM JATENG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel