GANJAR KUNJUNGAN & BERI BANTUAN UNTUK KORBAN BANJIR BREBES

 


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau ke Kecamatan Jatibarang, Brebes, Senin (9/1/2023). 


 Ganjar berkunjung beberapa lokasi terdampak banjir bandang yang terjadi pada Rabu (4/1/2023) lalu akibat luapan Sungai Cibiyuk.


Dua lokasi dikunjungi Ganjar, yakni Desa Jatibarang Kidul dan Desa Kemiriamba. Kondisi terparah terlihat di Desa Jartibarang Kidul. Di tempat itu, sebanyak 30 rumah warga rusak berat, sedang, maupun ringan. 


Saat Ganjar datang, kondisi kerusakan masih terlihat, beberapa tembok rumah jebol bahkan ada satu rumah yang dihuni 5 kepala keluarga ambruk.


“Kejadiannya mendadak Pak, tiba-tiba air langsung menerjang. Ini banjir terparah sejak banjir dulu tahun 1991,” kata salah satu warga.


Ganjar pun melihat rumah-rumah warga yang roboh. Ia juga melihat kondisi sungai yang mepet dengan pemukiman warga yang belum ditanggul.


“Ini mepet sekali ya dengan sungai, tanggulnya juga kurang tinggi. Ini bahaya,” katanya.


Ganjar kemudian mengecek dapur umum untuk memastikan stok logistik aman. Ia juga menerima keluhan warga yang berharap diberikan bantuan pembangunan rumah, serta peralatan sekolah anak-anak yang hanyut.


“Saya cek banjirnya sudah surut ya, tapi saya minta Dinas Pusdataru untuk segera turun dan memperbaiki tanggul, karena itu kurang tinggi. Kalau tanggulnya diperbaiki, maka wilayah kampung ini bisa aman. Selain itu, saya minta juga penghijauan di wilayah hulu digiatkan lagi,” kata Ganjar.


Laporan kepala desa, ada 30 rumah warga yang rusak akibat banjir bandang itu. Ganjar memastikan akan membantu perbaikan rumah warga yang rusak itu.


“Akan kita perbaiki, yang rusak ringan dan sedang akan dibantu dari Kabupaten Brebes. Nanti yang rusak berat akan saya bantu sendiri dari Pemprov Jateng. Tinggal nanti didata dan diusulkan,” jelas Ganjar.

0 Response to "GANJAR KUNJUNGAN & BERI BANTUAN UNTUK KORBAN BANJIR BREBES "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel