KEMISKINAN DI BREBES TURUN KE ANGKA 1,38%, GANJAR : FOKUS PADA 5 KECAMATAN LAINNYA



Angka kemiskinan di Brebes justru turun sebanyak 1,38 persen pada 2022. Sebelumnya, Brebes sempat menjadi sorotan karena tingginya angka kemiskinan di wilayah itu.

Hal tersebut diketahui saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan pengarahan pada jajaran pejabat Brebes di Pendopo Kabupaten Brebes, Senin (9/1).

Ganjar Pranowo meminta pengelolaan atau program untuk penurunan angka kemiskinan terus dilakukan. Program yang sudah terbukti baik agar dilanjutkan dan dilakukan percepatan.

“Bu Idza dengan Pak Narjo kemarin konsepnya sudah bagus. Sekarang tinggal kita lakukan percepatan. Maka saya mintakan, udah deh lima kecamatan yang ekstrem itu kita dampingi. Apakah nanti camat, apakah nanti kepala dinas secara khusus,” kata Ganjar.

Lima kecamatan yang dimaksud Ganjar adalah Kecamatan Losari, Ketanggungan, Larangan, Bulakamba, dan Bantarkawung. Di lima kecamatan itu, angka kemiskinan ekstrem masih cukup tinggi.

Ganjar juga mengatakan penanganan lebih lanjut harus dengan data yang valid. Maka verifikasi dan validasi data mutlak dilakukan, agar bisa diketahui mana yang masuk kategori ekstrem dan tidak ekstrem.

“Maka dengan cara klasifikasi itu harapan kita, akan ketahuan ini desil satu duanya yang mana, desil tiga empatnya yang mana. maka treatment-nya akan berbeda-beda, maka itu bisa lebih cepat. Kalau perlu contoh Boyolali yang bagus verifikasi dan validasi datanya,” imbuh Ganjar.

Ganjar yakin, upaya penurunan angka kemiskinan di Brebes akan semakin mudah dengan kepemimpinan Pj Bupati saat ini. Sebab, selain tak ada kepentingan politik, pemerintah provinsi bisa melakukan intervensi.

“Karena Pak Urip ini Pj dari provinsi kan sudah kita tanya nggak ada kepentingan politiknya, sehingga lebih pada pekerjaan-pekerjaan teknokratis yang tidak akan terganggu dengan urusan-urusan kepentingan politik, karena beliau birokrat, karir memang. Dan nanti kita bantu,” jelas Ganjar.

Dalam acara itu, Penjabat (Pj) Bupati Brebes, Urip Sihabudin mengatakan, angka kemiskinan Brebes turun cukup signifikan pada tahun lalu.

“Angka kemiskinan di Brebes turun sebesar 1,38 persen dibanding tahun 2021. Tahun lalu angka kemiskinan Brebes jadi 16,05 persen dari sebelumnya 17 persen lebih,” pungkas Urip.

0 Response to "KEMISKINAN DI BREBES TURUN KE ANGKA 1,38%, GANJAR : FOKUS PADA 5 KECAMATAN LAINNYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel