BERKAT LAPAK GANJAR, ROTI LEGENDARIS KHAS SEMARANG POPULER SAMPAI “NEGERI SINGA



Anita, pembuat roti legendaris “Gandjel Rel” khas Semarang, menangguk untung sejak ikut berpromosi di Lapak Ganjar. Berkat promosi Instagram yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo itu, pesanan roti meningkat hingga 100 persen, dan melanglang hingga “Negeri Singa”.

Ditemui di rumah sekaligus tempat produksi Jl Pandean Lamper 3 No 32, Anita tengah mempersiapkan beberapa Gandjel Rel di dapur. Setelah rampung, Anita mengulas kembali ingatannya kala pandemi Covid-19 membuat usahanya lesu.

Anita ingat betul, betapa Covid-19 yang membatasi gerak pelancong berimbas pada usahanya. Bahkan, Anita terpaksa merumahkan beberapa pekerja, agar usaha itu tetap berjalan. Padahal, sebelum pagebluk, Gandjel Rel bikinannya banyak ditaksir pelancong.

“Sejak pandemi, merosot penjualannya. Karena jarang orang keluar kota, terus ya saya juga bertahan online, tapi hasil tidak seberapa,” ujar Anita.

Kemudian Anita melihat postingan di media sosial Ganjar Pranowo, terkait promosi edisi kue tradisional. Ia pun memberanikan diri mengunggah kue buatannya melalui instagramnya @nyonya_cakery dan menandai akun LapakGanjar.

“Ada IG Lapak Ganjar yang mengangkat UMKM dengan tema kue tradisional dari seluruh indonesia. Saya tag, akhirnya kepilih ikut di-posting itu ada peningkatan follower, omzet juga ada peningkatan naik-naik,” urai Anita.

Anita menyebut, dalam sebulan peningkatan bisa sampai 100 persen dari omzet semula, khususnya saat musim liburan. Selain itu, banyak pelanggan baru yang berasal dari, Jakarta, Surabaya, Bali, hingga Aceh.

“Sebulan paling 100 boks. Nah setelah ikut lapak ganjar bisa naik sampai 50-100 persen saat liburan. Kalau yang ke luar negeri itu pakai jastip (jasa titip) ke Singapura,” imbuh Anita.

Hal itu membuatnya bersemangat menjalani usaha rumahan yang kini telah berjalan sekira lima tahun. Anita mengatakan, produknya bisa dipesan melalui beberapa kanal media sosial, seperti tokopedia, Paxell Market, hingga Daymall dan GoFood. Disamping itu, Gandjel Rel juga bisa dipesan melalui nomor WA 0821 3511 2438.

“Sejak ikut LapakGanjar, saya merasa produk saya lebih terpercaya. Kalau harapannya Gandjel Rel dilestarikan karena ini khas Semarang, selain lumpia dan bandeng presto,” pungkas Anita.

0 Response to "BERKAT LAPAK GANJAR, ROTI LEGENDARIS KHAS SEMARANG POPULER SAMPAI “NEGERI SINGA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel