GANJAR DIBUAT TERKESAN DENGAN SISWA SMK MA'ARIF

 



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkesan dengan kegigihan SMK Ma’arif Kota Mungkid, yang menghasilkan produk siap jual. 


Hal ini diungkapkan Ganjar, setelah melihat dua produk berupa mesin roaster kopi dan part mesin buatan siswa, yang diproduksi di sekolah itu.


Bahkan, sekolah yang berada di Kabupaten Magelang ini, juga sudah menjalin mitra dengan industri sebagai offtaker produknya.


“Gedungnya bagus, jadi SMK Ma’arif ini cukup serius. Bahkan tadi saya lihat dua karya bagus. Satu, bekerja sama dengan industri membuat mesin roaster, sehingga karya anak-anak menjadi konkret dan bisa dilihat, dijual. Offtaker-nya ada. Kedua, di atas tadi ada part dari industri, bahkan kelebihan order sampai bekerja sama dengan SMK lain,” kata Ganjar.


Praktik yang dilakukan oleh SMK Ma’arif tersebut sejalan dengan harapan Ganjar, yang terus menggenjot sekolah vokasi untuk bermitra dengan industri atau perusahaan. Menurut Ganjar praktik itu dapat memberikan pengalaman yang cukup kepada pelajar ketika mereka lulus.


“Anak-anak SMK punya pengalaman yang cukup bagus. Tidak hanya ilmu pengetahuan tetapi banyak banget praktiknya. Pada sisi puncaknya nanti adalah teaching factory. Dengan cara itu keterampilan mereka akan mudah diterapkan, dan mengerti kualitas dirinya seberapa,” katanya.


Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menceritakan jika baru-baru ini ia mendapatkan tamu dari perwakilan sejumlah perusahaan ternama, yang sudah bermitra dengan sekolah menengah kejuruan. Bahkan ia ingin mereplikasi pola itu untuk diperbanyak di sekolah-sekolah lain.


“Ini yang mesti dikembangkan, tapi harus ada jodohnya. Alhamdulillah di SMK Ma’arif ini sudah ada jodohnya beberapa perusahaan yang bermitra sehingga di antara mereka nanti akan tahu, saling mengisi, dan melakukan improvement atau perbaikan-perbaikan. Apa kebutuhan industri lalu bagaimana sekolah menyiapkan siswanya itu dengan baik,” ungkap Ganjar.

0 Response to "GANJAR DIBUAT TERKESAN DENGAN SISWA SMK MA'ARIF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel