GANJAR DORONG MPP NAIK KE LEVEL DIGITAL, KARENA SUDAH ADA 28 DI JATENG



Meski memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) terhitung banyak, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo siap mendorong pelayanan publik di Jawa Tengah naik ke level digital. Dengan demikian, harapannya masyarakat bisa mengakses tanpa perlu datang langsung ke MPP.

Hal itu disampaikan Ganjar, seusai mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas meresmikan tujuh MPP baru di Jateng secara serentak di Sragen, Senin (20/2). Dengan diresmikannya tujuh MPP baru tersebut, di Provinsi Jateng sudah ada sebanyak 28 MPP.

Ditambahkan, berdasarkan data Kemenpan RB, total MPP di Indonesia sejumlah 110 MPP dengan rincian 65 MPP di Pulau Jawa, 15 MPP di Pulau Sumatera, 13 MPP di Kalimantan, 13 MPP di Sulawesi, 3 MPP di Bali, dan 1 MPP di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Makin banyak makin bagus, karena sebenarnya ada kemudahan dari layanan publik yang bisa diberikan pada pemerintah, efektif apa nggak? Oh efektif banget, karena dia bisa datang ke one stop service,” kata Ganjar.

Ganjar menegaskan keberadaan MPP ini merupakan tindak lanjut atas instruksi Presiden Joko Widodo untuk memudahkan proses pelayanan dan birokrasi di tingkat daerah.

“Sebenarnya ini program yang tinggal jalan saja kok, karena perintahnya udah lama, dan tugas kami ini adalah membereskan di tingkat bawah,” terangnya.

Jumlah MPP yang makin bertambah, imbuh Ganjar, diikuti kesiapan daerah untuk menyongsong ke tingkat selanjutnya, yakni MPP digital.

“Maka kenapa kemudian mesti naik kepada MPP digital, itu karena yang jauh-jauh juga bisa dimudahkan. Aplikasinya sudah ada, maka Pak Menteri tadi menyiapkan beberapa daerah yang siap, salah satunya Sragen. Ini untuk dijadikan sebagai tempat uji coba nantinya pelayanan digitalnya, sehingga jauh lebih cepat, lebih transparan, lebih terbuka, sekaligus bisa mengedukasi,” tegas Ganjar.

Ganjar mengapresiasi pemerintah daerah, khususnya bupati dan wali kota, yang berkomitmen memberikan pelayanan maksimal pada masyarakat.

“Kawan-kawan bupati/ wali kota di Jawa Tengah, terima kasih mereka punya komitmen yang tinggi. Satu untuk melayani masyarakat, dua memberikan fasilitas melalui MPP ini,” tandas Ganjar.

Ditanya soal daerah mana saja yang siap jadi pilot project MPP digital, Ganjar merekomendasikan MPP di Kabupaten Sragen dan Banyumas.

“Tinggal nanti siapa yang mau ngacung, Sragen udah ngacung, jadi siap. Tadi saya rekomen juga Banyumas juga oke,” tandas Ganjar.

0 Response to "GANJAR DORONG MPP NAIK KE LEVEL DIGITAL, KARENA SUDAH ADA 28 DI JATENG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel