GANJAR PRANOWO RESMIKAN EMBUNG SUBARI

 



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Embung Subari yang berada di Desa Kalibareng, Kabupaten Kendal.


Nama embung tersebut diambil dari nama petani yaitu Subari, yang merelakan tanah seluas sekitar 1.800 meter untuk dibangun embung.


Setelah diresmikan, Embung Subari diharapkan dapat mengairi 35 hektare lahan pertanian di sekitarnya.


“Alhamdulillah embung yang dulu diharapkan sekarang sudah selesai. Sesuai yang dulu kita harapkan, namanya Embung Subari. Jadi Pak Subari sudah menunaikan tugas yang luar biasa memberikan tanahnya kepada masyarakat (untuk dibangun embung), dan sekarang sudah jadi,” kata Ganjar.


Ganjar menyampaikan, setelah pembangunan embung itu selesai, pekerjaan berikutnya adalah menuntaskan pembangunan saluran air, perbaikan akses jalan ke lokasi, serta pekerjaan tersier lainnya. Setidaknya, akan ada sekitar 35 hektare lahan pertanian yang akan menerima manfaat dari Embung Subari.


“Kira-kira sekitar 35 hektare nanti akan bisa terairi. Kalau masih musim hujan, mungkin tadah hujannya masih bisa digunakan. Tapi nanti kalau kemarau, embung ini makin punya manfaat. Saya senang dan melihat semua saling mendukung, gotong royong yang luar biasa,” jelasnya.


Dalam kesempatan itu, Ganjar juga berpesan agar masyarakat terus bersama merawat embung, termasuk lingkungan di sekitarnya. Paling penting adalah menjaga pohon yang berada di area atas embung agar tidak ditebang.


“Kami harapkan masyarakat menjaga area-area yang tingkat kemiringan tinggi, agar pohon-pohon besarnya jangan ditebang. Kalau nanti pohon yang di atas itu terkonservasi dengan baik, maka sumber mata airnya akan terjaga. Sumber air dari atas yang dijadikan sumber utama untuk bisa mengisi embung yang ada di sini,” terangnya.

0 Response to "GANJAR PRANOWO RESMIKAN EMBUNG SUBARI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel