GANJAR DAPAT PENGHARGAAN DARI BAZNAS

 





Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meraih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional  Republik Indonesia. 


Ganjar diberi penghargaan sebagai Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat di Indonesia, karena dinilai sukses mengelola zakat untuk kemaslahatan umat.


"Sebenarnya penghargaan itu buat pengurus Baznas Jateng, bukan untuk saya. Karena saya tidak terlalu istimewa, yang hebat itu teman-teman," kata Ganjar.


Saat menghadiri acara Baznas Award 2023 di Hotel Grand Sahid Jakarta, Ganjar menilai capaian ini tidak diperoleh dengan cara tiba-tiba. Melainkan melalui proses yang panjang sejak awal dirinya menjabat gubernur Jateng. 


Sejak dicanangkan pada 2014, program Baznas Jateng terus meningkat. Tahun 2022 saja Baznas Jateng mampu mengumpulkan Rp 82 miliar dan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.


"Ini bukan kerjaan kemarin, tapi kerjaan sejak 2014, di mana tiap tahun selalu ada instruksi gubernur yang membahas mereka para pengurus baznas memberikan rekomendasi kepada kami, bagaimana mengoptimalisasikan, bagaimana masuk dalam sistem payroll, sampai kemudian pentasyarufannya," terangnya.


Baznas Jateng disebutnya juga menjadi contoh daerah lain. Ganjar mengatakan ketika acara berlangsung, ada dari Palu yang ingin meminta bantuan, baik secara langsung maupun pendampingan dan pengelolaan.


"Saya katakan pasti bisa, karena ini syaratnya tidak ada teritori. Lalu saya tanya kenapa mintanya ke kami tidak menggali potensi yang ada di sana, mereka jawab kami belum optimal. Maka di samping usulan yang akan diajukan ke baznas Jateng, mereka juga mau belajar bagaimana mengelola," ucapnya.


Dikatakan Ganjar, pengelolaan Baznas di Jateng tidak hanya untuk kebutuhan konsumtif. Di sisi lain, dana tersebut juga digunakan sebagai tambahan modal, pelatihan, dan lainnya.


"Maka hari ini Baznas menjadi satu kekuatan dari umat untuk umat. Banyak hal yang bisa dikerjakan, seperti pesan pak Wapres tadi, yang memerintahkan kepada kita agar menanggulangi kemiskinan ekstrem bahkan stunting. Nah di kami, Baznas ini yang kami optimalkan, selalu kami ajak bersama," terang Ganjar.

0 Response to "GANJAR DAPAT PENGHARGAAN DARI BAZNAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel