GANJAR MENYALURKAN BANTUAN UNTUK JALAN ANTAR PROVINSI

 



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyalurkan bantuan pada jalan Antar Provinsi di 35 daerah tingkat dua. 


Selain mempermudah akses penghubung, bantuan infrastruktur jalan tersebut diharapkan jadi daya ungkit ekonomi masyarakat.


Seperti dua jalur alternatif Batang-Banjarnegara, yakni ruas jalan Bandar-Gerlang Kecamatan Bandar sepanjang 4,3 kilometer, dengan anggaran tahun 2015 sebesar Rp15 miliar.


Ada pula ruas jalan Deles-Sigemplong Kecamatan Bawang sepanjang 5 kilometer dengan anggaran tahun 2017 sebesar Rp9,5 miliar. Bantuan jalan tersebut bukan hanya mempermudah akses jalan, namun juga menjadi sumbu ekonomi warga dengan memunculkan objek-objek wisata.


Kepala Desa Kembanglangit, Kecamatan Bandar, Tumari menyebut, Jalan Bandar-Gerlang yang melintas di desanya, semula seperti sungai mati. Jika sore hari hampir tidak ada orang yang melintas. Akibatnya, desa itu sangat sepi, dan perekonomian tidak berkembang.


“Jalan ini dulu bisa dikatakan sungai mati. Sehingga Desa Kembanglangit itu sepi dan dulunya desa miskin,” ujarnya, saat ditemui.


Kondisi itu berubah setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan bantuan Rp15 miliar untuk pembangunan jalan.


“Alhamdulillah, di tahun 2015 Pak Ganjar membangun akses jalan perbatasan Kabupaten Batang dan Kabupaten Banjarnegara ini. Setelah akses jalan baik itu, otomatis peningkatan ekonomi tumbuh,” paparnya.


Sampai saat ini, di sepanjang Jalan Bandar-Gerlang muncul resto dan coffee shop di sisi jalan. Saat weekend dan hari besar, banyak pengunjung yang datang.


“Sekarang Desa Kembanglangit sudah menjadi desa semi mandiri. Sekitar 99 persen warga, terutama anak muda, tidak menganggur,” terangnya.

0 Response to "GANJAR MENYALURKAN BANTUAN UNTUK JALAN ANTAR PROVINSI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel