GANJAR SHOLAT SUBUH DI MASJID SHEIKH ZAYED : KITA JAGA BAIK-BAIK



Masjid Raya Sheikh Zayed Solo sudah dibuka untuk umum. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat ikut menjaga, dan menginginkan masjid terbesar di Solo itu bisa menjadi center of excellent, sebagai ruang diskusi, kajian, dan tempat untuk menularkan kebaikan.

“Pengelolaan masjid ini ada di Pemkot Surakarta. Setelah dibuka, masjid ini harapannya bisa segera berfungsi dan pasti banyak orang yang ingin beribadah di masjid itu karena bagus banget,” kata Ganjar.

Ganjar menceritakan, saat pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Selasa (28/2), sebenarnya banyak masyarakat yang ingin hadir, tetapi kapasitas untuk acara tersebut dibatasi. Namun, antusias warga yang datang untuk salat subuh berjemaah pertama kali di masjid itu sangat besar.

“Kemarin itu, pada saat Pak Wapres membuka ternyata banyak masyarakat yang ingin ikut hadir sebenarnya, tapi kapasitasnya dibatasi. Maka yang luar biasa tadi pagi subuhan untuk yang pertama bareng-bareng dengan Pak Wapres, luar biasa MasyaAllah. Masyarakat juga cukup antusias,” tutur Ganjar.

Antusias yang besar itu tentu tidak akan terjadi pada hari pertama pembukaan masjid untuk umum. Menurut Ganjar, arsitektur masjid yang bagus juga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga berpotensi menjadi destinasi wisata religi.

“Yang diperlukan adalah mari kita jaga bersama kebersihannya, tamannya dijaga, pokoknya tidak boleh nyampah di sana. Ini pasti akan menjadi tempat destinasi baru, apalagi kalau orang yang ingin ziarah dan sebagainya, pasti akan sangat tertarik untuk datang ke masjid ini. Biasanya banyak kelompok yang datang,” ungkap Ganjar.

Ganjar berharap, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo tidak sekadar menjadi tempat ibadah atau destinasi wisata religi, tetapi bisa menjadi center of excellent.

Apalagi di areal masjid itu, masih akan ada satu proyek yang dikerjakan, yaitu Islamic Center. Artinya, akan lebih banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dengan keberadaan masjid ini.

“Mudah-mudahan bermanfaat tapi kita mesti jaga, karena masih ada satu tahap lagi nanti semacam Islamic Center yang akan dibangun. Mudah-mudahan meningkatkan ibadah kita semuanya, sekaligus bisa menjadikan masjid itu center of excellent. Jadi orang bisa beribadah, berdiskusi, dan menularkan kebaikan dari tempat ibadah itu,” kata Ganjar.

Satu fasilitas yang juga mendukung untuk menjadikan masjid sebagai center of excellent adalah keberadaan perpustakaan. Menurut Ganjar, saat ini banyak masjid yang juga memiliki perpustakaan, sehingga orang bisa banyak belajar.

“Center of excellent-nya di situ (perpustakaan). Orang bisa diskusi, melakukan kajian, dan orang bisa membaca banyak buku. Buku agama atau mungkin lainnya. Banyak juga masjid sekarang punya perpustakaan sehingga orang bisa belajar banyak hal,” kata Ganjar.

Diketahui, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi kunjungan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Surakarta pada Selasa (28/2/2023) untuk membuka Masjid Raya Sheikh Zayed Solo untuk umum. Paginya, pada Rabu (1/3/2023) Ganjar dan Ma’ruf Amin salat subuh berjemaah perdana bersama masyarakat.

0 Response to "GANJAR SHOLAT SUBUH DI MASJID SHEIKH ZAYED : KITA JAGA BAIK-BAIK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel