GANJAR TERIMA 23 RIBU ADUAN DALAM SATU TAHUN

 



Berdasarkan Data Government Resource Management System (GRMS) Jawa Tengah, dari 1 Januari 2022 hingga 31 Desember 2022 tercatat 22.980 aduan masyarakat yang masuk ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui kanal yang ada di LaporGub.


LaporGub merupakan aplikasi layanan aduan warga berbasis digital, yang diluncurkan Ganjar 2013 silam.


Dari jumlah tersebut, sejumlah 14.983 aduan atau 65,2 persen dapat diselesaikan, 4.927 atau 21,4 persen dalam proses verifikasi, 1895 atau 8,24 persen serta 257 aduan atau 1,11 persen belum dijawab. Sisanya sebanyak 918 atau 3,99 persen aduan masuk dalam kategori tidak layak, dikembalikan, spam atau bukan wewenang Pemprov Jateng.


"Ada yang (mengadu) lewat website, media sosial, WhatsApp sampai telepon," kata Ganjar.


Ganjar menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan memperbaharui aplikasi LaporGub agar semakin memudahkan masyarakat yang ingin melapor. 


Menurut Ganjar, hal ini adalah wujud dari layanan pemerintah yang mudah dan cepat. Untuk itu, pada awal tahun 2023 ini Ganjar telah meluncurkan aplikasi tersebut dalam versi terbaru, LaporGub V.2.0.


Ganjar mengatakan, LaporGub versi baru ini menyediakan layanan laporan anonim untuk masyarakat. Fitur tersebut memungkinkan identitas pelapor tidak terlihat publik sehingga privasi laporan bisa dipastikan aman.


"Kami memperbaiki terus, sudah beberapa kali versinya diperbaiki," kata Ganjar.


Lebih lanjut Ganjar mengatakan, fitur anonim ini juga memastikan laporan aman dan pelapor bisa mengadu tanpa hambatan. Ditambah lagi, kata Ganjar, aplikasi LaporGub V.2.0 juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

0 Response to " GANJAR TERIMA 23 RIBU ADUAN DALAM SATU TAHUN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel