INI YANG DILAKUKAN GANJAR BAGI PARA PETANI

 



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan rasa bahagia ketika warga bisa merasakan langsung manfaat bantuan keuangan provinsi untuk desa. 


Di antaranya digunakan untuk pembangunan Jaringan Irigasi Desa (JIDes) dan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITut).

Hal itu disampaikan Ganjar usai Rapat Penanganan Infrastruktur Sumber Daya Air dan Jalan serta Upaya Pengendalian Kemacetan dan Keselamatan Lalu Lintas, di Grhadhika Bhakti Praja.


Menurut Ganjar, agar tepat sasaran, pengelolaan anggaran diserahkan kepada masing-masing daerah.


“Kami punya bantuan ke kabupaten/ kota dan desa, mereka yang akan memanfaatkan itu. Sehingga pemanfaatannya itu bisa digunakan sesuai dengan kebutuhannya,” ucap Ganjar.


Ganjar mencontohkan, di Desa Donosari, Kabupaten Kendal. Anggaran bantuan pembangunan jaringan irigasi sebesar Rp400 juta telah dirasakan langsung oleh para petani. Mereka kini mudah mengakses air untuk lahan pertanian, sehingga hasil pertanian meningkat secara kualitas dan kuantitas.


“Maka ada jaringan yang jalan desa, JIDes JITut ya, kemudian ada yang dia pakai untuk penanganan yang mendukung pertanian. Sebenarnya itu otoritasnya kami berikan kepada mereka, dan lumayan bagus,” kata Ganjar.


Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) itu berharap, bantuan yang diberikan dan telah dimanfaatkan dirawat dengan baik. Ke depan, lanjut Ganjar, evaluasi juga bisa dilakukan.


“Nanti bisa kami evaluasi, mana dikerjakan beneran mana yang tidak beneran, mana yang manfaat dan mana yang tidak. Itu menurut saya sesuatu yang hari ini kami dorong,” ujarnya.


Ganjar mengatakan, bantuan serupa terus ditambah. Di sisi lain, anggaran juga tidak hanya datang dari pemprov. Masyarakat desa juga bisa mengoptimalkan bantuan dari pemda, termasuk dana desa itu sendiri.


“Bahkan akan diturunkan lagi dari Inpres infrastruktur itu untuk membangun. Maka JITut JIDesnya itu harapan kami,  juga nanti akan lebih bisa membantu layanan infrastruktur yang ada di desa,” tandas Ganjar.

0 Response to "INI YANG DILAKUKAN GANJAR BAGI PARA PETANI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel