PETANI JATENG BISA PANEN MELIMPAH BERKAT GANJAR

 



Petani di Desa Donosari Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal  dapat menikmati panen yang melimpah dari hasil pertanian. 


Hal tersebut bisa dirasakan setelah desanya mendapat bantuan pembangunan jaringan irigasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


Bantuan Gubernur itu terdiri dari Jaringan Irigasi Desa (Jides) dan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (Jitut). Total anggaran bantuan senilai Rp400 juta.


Ketua Kelompok Tani Sido Rukun, Desa Donosari, Mugiyo mengatakan bahwa bantuan jaringan irigasi dari Gubernur sangat bermanfaat bagi petani di desanya. Jaringan irigasi sepanjang 270 meter itu mampu mengairi lahan pertanian seluas 55 hektare.


Kemudahan mendapatkan air irigasi, mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen di desanya.


"Setelah dapat bantuan dari Pak Ganjar, air irigasi menjadi lancar. Khususnya untuk 55 hektare sawah dengan sekitar 400 penggarap," katanya.


Senada, Mintarjo, petani Desa Donosari menyampaikan bahwa berkat bantuan jaringan irigasi tersebut, hasil panennya meningkat. Yang semula hanya 5,1 ton per hektare, kini naik menjadi 7,2 ton padi per hektare.


"Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali dengan adanya bantuan irigasi dari Pak Ganjar, hasil panennya lebih meningkat lebih memuaskan, hasil padi kami lebih berkualitas. Saya menggarap satu hektare dan hasilnya sekarang 7,2 ton. Dan kualitasnya sangat bagus," tuturnya.


Sementara itu, Ganjar yang ditemui di Gedung Gradhika Bhakti Praja pada Rabu siang mengatakan, bantuan yang diberikan ke desa dapat dimanfaatkan kepala desa dan warganya sesuai kebutuhan.


"Maka ada jaringan jalan desa, Jides dan Jitut gitu ya ada yang dipakai untuk penanganan yang mendukung pertanian. Otoritas itu kita berikan kepada mereka dan lumayan bagus," kata Ganjar.

0 Response to "PETANI JATENG BISA PANEN MELIMPAH BERKAT GANJAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel