GANJAR HADIRI UPACARA OTONOMI DAERAH DI SULAWESI SELATAN

  


Hari Otonomi Daerah XXVI Tahun 2023 digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ini dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.


Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ini dihadiri sejumlah kepala daerah di Indonesia.


Turut hadir Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto atas pelaksanaan kegiatan ini. 


"Dihadiri lebih dari 70 persen kepala daerah dari seluruh Indonesia. Ini mungkin momentum upacara terbesar yang dihadiri kepala daerah," katanya.


Pada Peringatan Hari Otonomi Daerah kali ini juga diumumkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2023. Hasilnya Kota Makassar menempati peringkat ke-6 secara nasional.


Hasil evaluasi tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No.100.2.1.3-1109 Tahun 2023 Tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2022. Evaluasi ini dilakukan di 3 Provinsi, 10 Kabupaten, dan 10 Kota.


Master of Ceremony menyebutkan provinsi dengan kinerja penyelenggara pemerintahan terbaik secara nasional, peringkat pertama yaitu Provinsi Jawa Tengah. Peringkat kedua dan ketiga yakni Daerah Istimewa Jogjakarta dan Jawa Timur.


"Provinsi peringkat 1 Jawa Tengah skor 3,714 status kinerja tinggi, peringkat 2 Daerah Istimewa Jogjakarta skor 3,621 status kinerja tinggi, peringkat 3 Jawa Timur skor 3,613 status kinerja tinggi," ucapnya.


Sementara Kabupaten di Indonesia yang menduduki peringkat pertama dalam penyelenggara pemerintah terbaik adalah Kabupaten Banyuwangi. Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Badung menempati peringkat dua dan tiga.


"Kabupaten peringkat 1, Banyuwangi skor 4,083 status kinerja tinggi, peringkat 2 Kabupaten Sumedang skor 3,969 status kinerja tinggi, peringkat 3 Kabupaten Badung skor 3,698 status kinerja tinggi," ungkapnya.


0 Response to "GANJAR HADIRI UPACARA OTONOMI DAERAH DI SULAWESI SELATAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel