Ganjar Pranowo Dianugerahi Gelar 'Warga Kehormatan Masyarakat Sunda' di Bandung


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut hadir di sejumlah acara dalam kunjungannya ke Kota Bandung, Jawa Barat. Bahkan dalam kehadirannya itu, Ganjar mendapatkan gelar apresiasi sebagai 'Warga Kehormatan Masyarakat Sunda' yang diberikan inohong Sunda.


Gelar yang diteria Ganjar itu, diterima pada saat menghadiri acara Silaturahmi Budaya Tokoh dan Inohong Sunda di obyek wisata seni Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/5/2023).


Hasil kedatangannya ke Bandung itu, membuat dia mendapatkan banyak pelajaran, khusunya filosofi tentang kesundaan. Ganjar juga tempak sedang memainkan angklung dengan beragam lagu Sunda, salah satunya Manuk Dadali.

"Hari ini saya mendapatkan kuliah singkat tentang kesundaan, apa seninya, bagaimana budayanya, bagaimana filosofinya, bagaimana sejarahnya," kata Ganjar kepada wartawan.


Ganjar mengungkapkan, nilai-nilai kebudayaan yang telah diwariskan nenek moyang penting dan harus dirawat. Baginya, nilai kebangsaan akan tetap tumbuh dan menjalar ke seluruh rakyat Indonesia.

"Saya semakin yakin bahwa keindonesiaan kita itu bisa kita rawat ketika kemudian pendekatan budaya mengutama. Kemudian kita bisa saling bertukar pikiran tanpa rasa marah, terus kita berbeda makin kaya dan saling menghormati," jelas Ganjar.


Dalam acara tersebut, Ganjar mendapatkan baju pangsi warna hitam sebagai simbol kehormatan dan panggilan 'Akang' yang disematkan salah satu Ketua Angkatan Muda Siliwangi Noery Ispandji Firman.


Noery menuturkan, alasan disematkannya panggilan tersebut lantaran Ganjar dinilai sebagai sosok pemimpin yang sederhana, bersahaja dan dekat dengan rakyat.

"Saya rasa darah yang mengalir di Pak Ganjar ini karena beliau ramah, beliau mencintai rakyatnya. Sehingga wajar kalau saya sebagai orang Sunda memberikan gelar warga kehormatan kepada beliau," katanya.


Panggilan 'Akang' kepada Ganjar menurut Noery sebagai penghormatan terhadap seseorang yang lebih tua, terhormat, dan memiliki reputasi yang baik bagi masyarakat.

"Kelihatan ya, sulit mencari sosok pemimpin yang ramah, mau menyapa rakyat, tidak ada sekat, kemudian ketika menerima kami pun enak diajak bicaranya, kemudian beliau mau menerima masukan-masukan itu yang luar biasa," pungkasnya.

0 Response to "Ganjar Pranowo Dianugerahi Gelar 'Warga Kehormatan Masyarakat Sunda' di Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel