Ganjar Pranowo Lepas Lulusan Terbaik SMKN Jateng, Anak Dari Seorang Penjaga Makam



Turiman tak mampu menyembunyikan rasa bangga saat menyaksikan putranya yang bernama Sevolana Bondan Sirait, dinobatkan sebagai lulusan terbaik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Jawa Tengah (Jateng) kampus Purbalingga yang digagas oleh Ganjar Pranowo.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga makam ini mengaku sangat bahagia ketika sang putra bisa menyelesaikan sekolah dengan nilai tertinggi.

“Saya sangat senang dan bangga karena anak saya lulus dan menjadi lulusan terbaik di SMKN Jateng di Purbalingga,” ujar Turiman.

Bondan merupakan satu di antara 258 lulusan SMKN Jateng, yang berasal dari kampus Semarang, Pati, dan Purbalingga yang diwisuda, Kamis (25/5/2023).

Acara wisuda dan pelepasan tersebut dihadiri langsung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, serta lebih dari 30 petinggi perusahaan dalam negeri.

Sebagai orangtua murid, Turiman mengaku tidak bisa menggambarkan perasaan hatinya saat menyaksikan Ganjar memberi penyematan lulusan terbaik kepada anaknya.

“Saya tidak bisa berbicara apa-apa. Saya senang dan bangga,” ucap Turiman.

Turiman menceritakan, SMKN Jateng telah membukakan pintu kesempatan bagi anaknya untuk meraih cita-cita dan masa depan yang baik.

Sebab, kata Turiman, dia tidak akan mampu menyekolahkan anaknya tanpa SMKN Jateng.

“Kalau tidak ada SMKN Jateng, mungkin anak saya hanya lulusan sekolah menengah pertama (SMP). Karena saya hanya penjaga makam di desa, tidak ada biaya untuk sekolahkan anak,” ucap Turiman.

SMKN Jateng, lanjut dia, merupakan akses pendidikan gratis bagi siswa kurang mampu. Sekolah ini telah memberikan berbagai layanan gratis, mulai dari biaya pendidikan, seragam, makan hingga asrama.

“Sekolahnya gratis, semuanya gratis. Seragam, sepatu, alat tulis, makan sampai asrama gratis,” imbuh Turiman.

Turiman mengaku bahwa sikap dan perilaku putranya mengalami perubahan positif sejak bersekolah di SMKN Jateng.

Sementara itu, Bondan mengatakan, siswa dibekali pendidikan karakter dan diajarkan disiplin selain mempelajari kompetensi.

“Saya mendapatkan banyak hal di SMKN Jateng. Saya lebih bisa disiplin, ya terutama pendidikan karakter,” katanya.

Keseriusannya menempuh pendidikan di sekolah rintisan Gubernur Ganjar itu telah membuka kesempatan Bondan untuk melanjutkan studi di Universitas Indonesia (UI).

“Alhamdulillah mendapat beasiswa melanjutkan di UI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP),” ucapnya.

Ganjar senang dan terharu

Usai acara wisuda, Ganjar Pranowo mengaku senang dan terharu karena lulusan SMKN Jateng menjadi rebutan perusahaan-perusahaan dalam merekrut tenaga kerja.

Selain itu, kata dia, lulusan SMKN Jateng juga mampu menembus seleksi masuk perguruan tinggi.

“Senang ya, karena lulusan SMKN Jateng sudah 70 persen terserap di dunia kerja. Bahkan ada beberapa yang lewat Zoom karena sudah bekerja. Ada juga yang ke Jerman dan juga diterima di perguruan tinggi,” tutur Ganjar.

Ganjar mengungkapkan bahwa siswa SMKN Jateng berlatarbelakang dari keluarga kurang mampu.

Dengan penyerapan tenaga kerja setelah lulus tersebut, kata Ganjar, dapat menjadi solusi pengentasan kemiskinan.

“Jadi, mulai bulan ini mereka bisa mengirimi (uang) kepada orangtuanya. Membantu mengentaskan kemiskinan,” tutur Ganjar.

Dari data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, wisuda dan pelepasan diikuti siswa lulusan dari tiga kampus SMKN Jateng.

Adapun rinciannya, sebanyak 118 siswa lulusan SMKN Jateng kampus Semarang, 92 siswa lulusan SMKN Jateng kampus Purbalingga, dan 48 siswa lulusan SMKN Jateng kampus Pati.

0 Response to "Ganjar Pranowo Lepas Lulusan Terbaik SMKN Jateng, Anak Dari Seorang Penjaga Makam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel