Ganjar Pranowo Paling Moncer, Unggul Jauh dari Lawannya Menurut Survei Charta Politika



Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo semakin jauh meninggalkan para pesaingnya dalam survei terbaru yang digelar Charta Politika Indonesia. Pada survei yang digelar pada 2-7 Mei 2023 itu, nama Ganjar memiliki elektabilitas 38,2 persen dan unggul jauh dari nama lainnya.

“Dari ketiga nama tersebut, terlihat adanya peningkatan elektabilitas pada nama Ganjar Pranowo,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya.

Yunarto menjelaskan pada pengujian simulasi 3 nama, elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami peningkatan setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan pada periode April 2023 atau saat ramai isu Timnas Israel. Lalu, calon lainnya mengalami penurunan cukup signifikan.

Ganjar dianggap bisa teruskan program Jokowi

Menurut hasil survei, sebanyak 68 persen responden menilai Ganjar Pranowo sebagai tokoh yang paling mampu melanjutkan program-program Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Yunarto memaparkan para pemilih Jokowi – Ma’ruf pada Pilpres 2019 juga mayoritas atau 61 persen mendukung Ganjar.

Survei yang dilakukan Charta Politika Indonesia ini digelar dengan metode wawancara wawancara tatap muka dk seluruh wilayah Indonesia. Metode sampling yang digunakan adalah multistage random sampling dengan jumlah sampel mencapai 1.220 Responden.

Kriteria responden dalam survei ini adalah masyarakat yang sudah berusia 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Quality control survei mencapai 20 peraenu dari total sampel dengan Margin of Error 2.82 persen.

0 Response to "Ganjar Pranowo Paling Moncer, Unggul Jauh dari Lawannya Menurut Survei Charta Politika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel