Ganjar Pranowo Puji Desa di Jawa Tengah Karena Cerdas dan Inovatif Mengelola Bankeu



Pemprov Jawa Tengah tahun ini gulirkan bantuan keuangan (bankeu) untuk desa senilai Rp 1,7 triliun. Bankeu pemprov ini sebagai suntikan meski seluruh desa di Jateng juga telah mendapat dana desa (DD) dari pemerintah pusat.

Suntikan dana untuk desa-desa ini jadi salah satu perhatian Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, sejak periode pertama Ganjar pada 2013 hingga 2023 ini, total telah digulirkan bankeu senilai Rp 8,4 triliun.

Khusus tahun ini, bankeu pemprov untuk pembangunan fisik maupun nonfisik, yang diprioritaskan guna menggenjot perekonomian warga pascapandemi Covid-19.

“Karena bantuan keuangan yang kita berikan kepada desa ini triliunan. Dengan kelihaian kawan kades ternyata mereka melaksanakan anggaran cukup cerdas. Dipakai untuk pemberdayaan, pembangunan fisik, pariwisata. Dan itulah yang menjadikan jauh lebih baik,” ujar Ganjar di sela-sela Halal Bihalal Pemerintah Kabupaten Semarang di GOR Pandanaran Wujil, Kabupaten Semarang, Selasa (23/5).

Ganjar memberi apresiasi kepada kinerja para kepala desa di Kabupaten Semarang. Gubernur dua periode ini menilai, ada banyak desa yang berkembang secara inovatif dengan memanfaatkan bantuan keuangan dari Pemprov Jateng.

Namun, politikus berambut putih itu juga mengingatkan masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang terus akan dituntaskan demi kemajuan desa.

“Maka, saat silaturahmi ini saya titipkan bahwa PR kita masih panjang. Penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting, government dalam level pemerintahan level desa musti kita laksanakan,” tegasnya.

Dia mendorong agar keberhasilan yang telah dicapai di tingkat desa terus dikembangkan.

“Saya titip, dari yang sudah dikerjakan kawan-kawan, kita ingin hasilnya makin baik, makin government terutama bukan sekedar output tapi outcome-nya diterima masyarakat jauh lebih baik,” tandas Ganjar.

0 Response to "Ganjar Pranowo Puji Desa di Jawa Tengah Karena Cerdas dan Inovatif Mengelola Bankeu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel